Panduan SISTER
Admin
3 weeks ago
Pada saat sedang mengajukan kenaikan jabatan di SISTER, kendala atau notifikasi eror bisa saja terjadi jika ditemukan adanya data yang tidak lengkap atau gangguan pada sistem.
Berikut adalah contoh kendala dan notifikasi error yang terjadi pada periode pengajuan kenaikan jabatan Dosen oleh Operator PAK beserta solusinya:
Klik judul atau icon panah untuk membuka penjelasan dari masing-masing kendala.
Jika periode pengajuan kenaikan jabatan belum dibuka oleh Pusat, maka tombol “Mulai Pengajuan” belum bisa diklik.
Solusi:
Mohon menunggu sampai periode pengajuan kenaikan jabatan dibuka, silakan cek secara berkala. Jika periode sudah dibuka tepapi masih terkendala, mohon hubungi Pusat Bantuan melalui tombol yang tersedia pada laman ini.
Apabila Anda tidak menemukan nama Dosen di tabel daftar nama Dosen yang dapat diajukan kenaikan jabatannya, maka Anda Akan menerima pesan seperti contoh gambar di bawah ini.
Solusi:
Apabila masih ada data yang belum lengkap atau berkendala di laman profil, maka pengisian data lain akan terkunci (tombol Lengkapi berwarna abu-abu).
Pada laman Lengkapi Dokumen, pesan error akan muncul pada tahapan yang belum lengkap sebagai berikut:
Solusi:
Data profil pada laman Kelengkapan Profil Data Dosen ada yang masih kosong. Anda akan mendapat kotak notifikasi seperti gambar di bawah ini. Apabila masih ada data yang belum lengkap atau berkendala di laman profil, maka pengisian data lain akan terkunci. Operator PAK perlu menarik ajuan data Dosen terkait kemudian Dosen/Admin PT dapat melengkapi data yang masih belum lengkap tersebut.
Contoh SK Pangkat
Contoh NIP
Apabila terdapat data profil yang masih kosong pada laman Kelengkapan Profil, maka Operator PAK akan mendapat kotak notifikasi seperti gambar di atas. Jika masih ada data yang belum lengkap atau berkendala di laman profil, maka pengisian data lain akan terkunci.
Solusi untuk Operator PAK:
Dikarenakan seluruh data profil yang berada di laman Kelengkapan Profil Data Dosen wajib diisi untuk pengajuan kenaikan jabatan, maka Operator PAK perlu melakukan hal berikut:
Solusi untuk Dosen/Admin PT
Khusus PDD Dokumen SK Kepangkatan, Jabatan Fungsional dan Sertifikasi
Silakan arahkan Dosen/Admin PT untuk:
Khusus PDD Selain Dokumen pada Data Profil
Silakan ajukan PDD pada data yang ingin diubah. Panduan PDD dapat dilihat pada artikel berikut:
Data mata kuliah atau data pengajaran yang dicari tidak muncul dan tidak tersedia di pilihan yang ada.
Solusi:
Anda perlu memastikan bahwa data pengajaran telah tersinkron di NeoFeeder. Anda dapat berkoordinasi dengan Admin PT untuk informasi lebih lanjut. Jika data sudah tersinkron, silakan coba kembali mengisi data pengajaran atau mata kuliah.
Data Angka Kredit Integrasi tidak muncul karena proses Angka Kredit Integrasi Dosen di SISTER belum selesai.
Solusi:
Notifikasi ini akan muncul jika angka kredit Dosen belum memenuhi persyaratan pengajuan kenaikan jabatan. Hal ini dapat terjadi apabila angka kredit kurang, predikat SKP belum memenuhi, atau dokumen SKP belum diunggah.
Solusi:
Apabila hasil predikat SKP 2023 Dosen belum memenuhi syarat kenaikan jabatan, maka Anda akan menerima pesan seperti gambar di bawah ini.
Solusi:
Pastikan Anda sudah memasukkan predikat SKP 2023 secara tepat dan sesuai persyaratan (minimal predikat Baik). Namun apabila hasil predikat SKP 2023 belum memenuhi syarat, maka pengajuan kenaikan jabatan Dosen terkait belum bisa dilakukan.
Solusi:
1. Arahkan Dosen untuk melakukan sinkronisasi data karya ilmiah yang dimasukkan manual di SISTER dengan data di SINTA. Sebelumnya pastikan hal berikut:
2. Setelah Dosen memastikan hal di atas, Dosen dapat melakukan langkah berikut untuk sinkronisasi:
2.1. Login ke akun SISTER dengan peran Dosen.
2.2. Klik menu “Pelaks. Penelitian”, pilih “Publikasi Karya”.
2.3. Pada tabel Publikasi Karya, silakan cari karya ilmiah yang akan diajukan untuk Kenaikan Jabatan. Apabila “Asal Data” Karya Ilmiah dari SISTER, maka perlu sinkronisasi dengan data di SINTA dengan klik ikon “Sync SINTA” sesuai dengan gambar di bawah ini.
2.4. Setelah seluruh proses di atas selesai, silakan Operator PAK melengkapi kembali data Syarat Khusus kenaikan jabatan Dosen terkait.
3. Setelah seluruh proses di atas selesai, Operator PAK dapat kembali ke laman tarik karya ilmiah. Silakan klik tombol refresh agar karya ilmiah Dosen yang sudah di sinkronisasi dapat muncul di laman tersebut.
Solusi
Hal ini dapat terjadi apabila:
Solusi
Dokumen untuk diajukan pada pengajuan kenaikan jabatan ada yang belum sesuai format yang telah ditentukan.
Solusi:
Dokumen pengajuan kenaikan jabatan akademik Dosen yang diunggah oleh Operator PAK harus menyesuaikan format yang telah ditentukan. Untuk melihat daftar dokumen dan contoh format, dapat Anda temukan pada artikel berikut pada tabel “Dokumen yang Perlu Disiapkan”:
Borang Penilaian Kenaikan Jabatan Asisten Ahli ke Lektor
Alur Pengecekan Hasil Penilaian dan Pengajuan Revisi Kenaikan Jabatan Dosen
Kendala atau Notifikasi Eror saat Pengajuan Kenaikan Jabatan di SISTER
Cara Operator PAK Melakukan Monitoring Ajuan dan Penilaian Kenaikan Jabatan Akademik Dosen
Cara Dosen Melihat Status Ajuan Kenaikan Jabatan Akademik
Tombol Sync SINTA untuk Karya Ilmiah di Publikasi Karya Dosen
Pengesahan Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik oleh Pimpinan Perguruan Tinggi
Cara Registrasi Akun Operator PAK
Cara Membuat Akun Pimpinan (Manajemen PT/LLDIKTI/KL)
Tahapan Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen
Alur Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik di SISTER untuk Lektor Kepala
Alur Kenaikan Jabatan Akademik di SISTER untuk Guru Besar
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Tindak Lanjut Untuk Dosen Yang Terkena Dampak Pembekuan Akun
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Cara Melakukan Perubahan Data Dosen di SISTER (Versi Cloud)
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Apakah Artikel Ini Membantu ?
1 dari 1 orang menyukai artikel ini