Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) perlu dibuatkan akun SISTER dengan peran Manajemen PT oleh Admin PT (PTN), Kopertis (LLDIKTI), atau Pembina KL untuk melakukan: 

  • Pengesahan atau pembubuhan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada proses Angka Kredit Integrasi, atau
  • Pengesahan pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen.

 

Berikut panduannya:

 

Khusus PTKL

Untuk menambahkan peran Manajemen KL, mohon untuk bersurat ke Sekretariat Datin Dikti. Kemudian segera laporkan ke Pusat Bantuan dengan melampirkan surat terkait.

 

Khusus PTN dan PTS (LLDIKTI)

 

Menambahkan Peran Manajemen ke Pengguna Lama

Sementara untuk menambahkan peran ke pengguna lama yang sebelumnya telah terdaftar adalah sebagai berikut:

1. Admin PT/Kopertis login ke Manajemen Akses https://akses.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke menu “Pengguna”.

2. Klik “Edit” pada nama yang ingin ditambahkan perannya.

3. Selanjutnya Anda dapat menambahkan peran ini ke pengguna yang sudah dipilih dengan klik lewat “Edit Peran” pada laman Edit Pengguna.

4. Silakan pilih peran sebagai Manajemen PT (PTN) atau Manajemen LLDIKTI (LLDIKTI)

5. Klik “Daftar Pengguna”.

 

 

Membuat Akun Baru untuk Pimpinan (Manajemen PT atau Manajemen LLDIKTI)

1. Admin PT/Kopertis silakan login ke Manajemen Akses https://akses.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Pengguna”.

2. Akan muncul laman Daftar Pengguna. Untuk menambahkan pengguna baru yang sebelumnya belum pernah terdaftar, klik “Tambah Pengguna”.

3. Masukkan informasi sesuai data yang diminta.

4. Pilih Unit Organisasi Manajemen PT (PTN) atau Manajemen LLDIKTI (LLDIKTI).

5. Jika sudah selesai, klik “Submit”.

Manajemen PT yang telah ditunjuk akan menerima email yang berisi username dan password, untuk aktivasi akun dan login ke SISTER (versi Cloud) dengan peran Manajemen PT.

Namun jika tidak menerima informasi tersebut, dimohon untuk dapat mengatur password melalui tombol Lupa Kata Sandi di SISTER. Untuk panduan Lupa Kata Sandi pada platform SISTER: http://bit.ly/PanduanLupaKataSandi