Halaman ini membutuhkan Javascript untuk berjalan dengan baik.

Soal Sering Ditanya (SSD)

Kumpulan Soal Sering Ditanya pada Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud)

Berikut adalah kumpulan Soal Sering Ditanya pada sesi Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud) yang dilaksanakan pada 26 Juni 2023.

(Klik pada kalimat pertanyaan untuk membuka jawabannya)

 

Dampak ke SISTER PT pasca perilisan SISTER Versi Cloud

Bagaimana status SISTER perguruan tinggi setelah pemberlakuan SISTER Versi Cloud?

Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Versi Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.

 

Bagaimana dengan API SISTER? Apakah masih berlaku?

API SISTER akan dilakukan sentralisasi juga ke Versi Cloud, sehingga diperlukan penyesuaian integrasi oleh PT yang menggunakan API SISTER, linimasa pengintegrasian kurang lebih akan di minggu ke 3 bulan Juli, nanti akan ada informasi lebih lanjut.

 

Untuk Webservice SISTER Versi Cloud, untuk tarik data apakah sama dengan SISTER yang lama?

Perubahan hanya untuk endpoint-nya saja

 

Bagaimana dengan koneksi API SISTER atau Webservice setelah rilis SISTER Versi Cloud?

Akan ada informasi lebih lanjut, saat ini tim sedang memastikan API sudah ok. Karena nantinya API nya akan berpindah (estimasi pada minggu ketiga Juli akan diinfokan lebih lanjut).

 

Bagaimana dengan public API? Karena kami sedikit banyak menggunakan API untuk tarik data ke sistem informasi akademik kami.

Akan ada informasi lebih lanjut, saat ini tim sedang memastikan API sudah ok. Karena nantinya API nya akan berpindah (estimasi minggu ketiga Juli akan diinfokan lebih lanjut)

 

Untuk PTS yg sudah menggunakan server mandiri, langkah apa saja yg perlu disiapkan untuk perilisan SISTER Versi Cloud?

Ketika SISTER Versi Cloud sudah rilis, PTS akan berpindah ke SISTER Versi Cloud

 

Apakah Webservice/API masih tersedia? PT kami butuh untuk BKD Internal

API nantinya akan berubah, dan akan diinfokan di minggu ketiga Juli

 

Jika SISTER Versi Cloud ini sudah rilis, apakah SISTER PT sudah tidak digunakan kembali?

Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud ) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Veris Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.

 

Bagaimana Server Mandiri di SISTER PT kami? Apakah tidak bisa dipakai lagi?

Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud ) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Versi Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.

Setelahnya, Server mandiri dapat dipakai untuk keperluan lain di PT Bapak/Ibu.

 

Bagaimana dengan usulan PDD kami di SISTER yang belum diverifikasi oleh SISTER Pusat? Apakah akan dilakukan sebelum pindah ke SISTER Versi Cloud?

Proses akan berjalan seperti biasa sesuai dengan SLA yang ada

 

Universitas kami mengalami alih bentuk dan baru selesai migrasi di PD-Dikti. Bagaimana proses update SISTER nya?

Dapat menggunakan SISTER PT versi terbaru untuk bulan Juli dan berpindah ke SISTER Versi Cloud di bulan Agustus

 

Apakah setelah periode update, pengguna SISTER harus mengubah akun username maupun yang lain?

Tidak perlu, data tetap sama.

 

Bagaimana kondisi data saat migrasi? apakah data file (jpg/pdf) akan ikut berpindah?

Data yang akan berpindah adalah data yg sesuai versi SISTER 15 Mei ke atas, di mana untuk BKD lampiran pengajaran harus berbentuk tautan.

 

Jika sudah menggunakan SISTER Versi Cloud, sampai kapan SISTER PT akan tetap digunakan?

SISTER PT akan beralih ke Cloud ketika rilis di Agustus, namun untuk penonaktifan SISTER PT akan diinfokan kembali

 

Ada desas-desus usulan kenaikan jabatan fungsional akademik dan PAK pada aplikasi SISTER, Kapan mulai berlaku?

Saat ini sedang dalam tahap eksplorasi

 

Bagaimana status dosen yang pindah homebase dan akun SISTER nya harus dipindahkan di akses.kemdikbud.go.id?

Ketika jika sudah berpindah ke SISTER Versi Cloud, data sudah tersentralisasi, dan proses pindah homebase melalui akses.kemdikbud.go.id masih diperlukan untuk memindahkan homebase-nya, namun ke depannya akan kami optimasi kembali

 

Ketika kami melakukan pindah homebase, ada data dosen yang tidak bisa tertarik ke homebase baru (contoh: data pendidikan formal, pangkat/golongan, jabatan, dll). Apakah SISTER Versi Cloud dapat mengatasi permasalahan ini?

Karena data SISTER Versi Cloud sudah tersentralisasi, maka ketika pindah homebase data dapat terbawa ke homebase yang baru.

 

Ketika dilakukan pemindahan homebase, apakah data BKD di PT lama, bisa muncul di PT baru? Selama ini kalau ada pemindahan homebase, data BKD di PT lama tidak muncul, seolah-olah dosen tersebut tidak memiliki kinerja BKD.

Akan kami cek kembali, harapannya dapat terbawa ke PT yang baru

 

Dokumen yang akan diupload, penyimpanan dokumennya apakah bisa di institusi atau harus perorangan?

Keduanya tidak masalah selama berupa tautan/link.

 

Apakah proses PDD yang selama ini di PD-Dikti nantinya akan ditiadakan?

Cut off Ajuan terakhir pada 2 Agustus 2023

 

Yang kami pahami, SISTER Versi Cloud ini akan berbasis data lampiran. Bagaimana jika kampus kami belum memiliki repositori dan dosen masih secara mandiri menggunakan Google Drive pribadi?

Untuk lampiran pengajaran dosen dapat menggunakan tautan dari Google Drive, selama berbentuk link dan dapat dibuka, tidak apa-apa untuk menggunakan Google Drive pribadi

 

Kami sudah mengirimkan usulan perubahan data Dosen di PD Dikti dalam rangka update sesuai permintaan pasca terbitnya PP PTKL, apakah nanti akan langsung tersinkron, ataukah tetap mengusulkan perubahan data kembali?

Selama usulan sudah disampaikan melalui PDDIKTI ataupun SISTER, akan diproses dan datanya akan terbawa ke SISTER Versi Cloud

 

 

 

Berkaitan dengan Versi SISTER

Update versi bulan Juli dilakukan mulai sekarang atau menunggu di bulan Juli mendatang?

Dilakukan setelah versi Juli sudah tersedia di bulan Juli mendatang

 

Apakah rekap versi SISTER dapat dibuatkan dokumen Excel? Agar kami mudah untuk mengecek dan mengingatkan PTS utk meng-update versi atau melakukan sinkronisasi

Untuk melihat versi SISTER, silakan mengetikkan alamat SISTER PT/versi. misal sister.ui.ac.id/versi . Akan coba ditambahkan fitur export excel untuk LLDIKTI di sister.kemdikbud.go.id (rtp)

 

Untuk SISTER versi saat ini apakah di tanggal 15 Mei 2023 atau sudah ada versi terbarunya?

Versi Terbaru akan ada di awal Juli, akan diinformasikan kembali ketika versi SITER PT awal Juli sudah tersedia

 

Apakah untuk BKD semester genap 2022-2023 masih menggunakan SISTER lama?

Sesuai dengan linimasa paparan. Untuk bulan Juli menggunakan SISTER PT lama, untuk Agustus berpindah ke Cloud

 

SISTER PT kami setelah update di versi 15 mei 2023 malah error "oops something wrong" berjalan hanya 2 menit, log juga ga ada message yang aneh (normal), mohon petunjuk

Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu remote

 

 

Kendala Saat Update/Instal

Apakah ada pelatihan khusus untuk admin SISTER PT, agar teknis input data dosen secara manual dapat dilaksanakan dengan baik? Termasuk dapat memberikan solusi, ketika dosen mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi SISTER.

Untuk kendala terkait SISTER, dapat dilaporkan melalui kanal Pusat Bantuan yang telah dijelaskan pada paparan hari ini.

 

Bagaimana jika kami kesulitan update versi awal Juli? Apakah untuk update versi Juli bisa dilakukan sekarang?

1. Apabila ada kendala ketika melakukan update, dapat diinformasikan melalui Pusat Bantuan.

2. Untuk versi awal Juli akan dirilis di minggu pertama bulan Juli, nanti akan disampaikan surat pemberitahuan untuk update versi ketika sudah tersedia.

 

Bagaimana jika kami tidak bisa secara mandiri melakukan sinkronisasi?

Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu.

 

Bagaimana jika update data dosen di SISTER telat. Misal status sudah AA. tapi SISTER belum demikian. Itu kesalahan siapa?

Progress ajuan dapat dilihat baik dari Dosen maupun Admin PT, untuk mengetahui posisi terakhir ajuan

 

SISTER PT kami sudah versi 15 Mei 2023, namun setiap sinkronisasi ada 955 item data referensi yang masuk ke lokal yang Gagal. Apa yang harus kami lakukan?

Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu

 

Apabila terdapat dosen yang masih belum terdata di SISTER sampai dengan masa cut off, apakah nanti di SISTER Versi Cloud juga tidak bisa terdata?

Dosen dapat melakukan registrasi SISTER di PT Bapak/Ibu. Jika masih ada kendala dapat diinfokan ke Pusat Bantuan

 

Apabila PTS belum pernah instalasi, prosesnya seperti apa?

PT baru yang belum instal SISTER dan belum ada kebutuhan untuk instal SISTER, bisa langsung menunggu ke SISTER Versi Cloud. Jika masih migrasi, diselesaikan dulu baru diproses instalasi di PT yang dimigrasi

 

Bagaimana jika ada PT yang versi SISTER nya sudah update dan sudah sinkronisasi, namun pada saat cek versi ternyata tidak sama (masih terdeteksi versi lama)

Akan dikroscek di sistem, untuk kendala serupa di kemudian hari silakan menyampaikan ke Pusat Bantuan

 

Apabila BKD dibuka setelah SISTER migrasi ke Versi Cloud, apakah kemungkinan ada kendala berat yang akan muncul?

Tidak ada masalah

 

Terdapat usulan perubahan data dari bulan Maret belum diproses, saat ditanya tidak ada pengajuannya yang harus divalidasi. Apa yang harus kami lakukan?

- Lakukan sinkronisasi secara berkala

- Jika isu masih terjadi, silakan laporkan ke Pusat Bantuan agar dapat dikroscek ke dalam sistem

 

Bagaimana jika lupa username dan password SISTER?

Boleh diinformasikan ke Pusat Bantuan untuk dilakukan pengecekan

 

Di SISTER kami, versi SISTER dan database pusatnya tidak ada tombol perbarui tapi untuk sister kampusnya itu ada tombol perbarui app dan database. Apakah itu yang harus diperbarui?

Betul untuk pembaruan versi dilakukan untuk SISTER kampus/Perguruan Tingginya, kemudian jangan lupa untuk melakukan sinkronisasi

 

 

Dampak ke Periode Pelaporan BKD dan Pengajuan Serdos

Sementara menunggu proses SISTER Versi Cloud ini selesai, dalam prosesnya tidak berpengaruh terhadap pembukaan periode Pelaporan BKD Semester Genap 2022/2023 kah?

Untuk bulan Juli berjalan seperti biasa dan nanti di Agustus berpindah ke SISTER versi Cloud

 

Perihal tautan dokumen untuk pengisian BKD, contohnya seperti apa? Karena selama ini kami upload dokumen yang tersimpan di laptop.

Untuk tautan dapat menggunakan file yang disimpan di Google Drive ataupun pada aplikasi kampus

 

Terkait dengan tautan BKD, apakah ada preferensi?

Tidak ada, selama tautan dapat dibuka, tidak masalah.

 

Saat ini PT kami sedang proses input dan pelaporan, apakah semuanya sudah harus menggunakan tautan?

Tautan dibutuhkan apabila proses penilaian BKD berlanjut di bulan Agustus menggunakan SISTER Versi Cloud

 

Apakah update SISTER akan mengganggu pengajuan Serdos Gelombang 3 di bulan Agustus-September ?

Tidak, linimasa Layanan Serdos Gelombang 2 akan menunggu rilis SISTER Versi Cloud

 

 

Lainnya

Selama ini Dosen yg bisa menggunakan SISTER adalah dosen yg sudah mempunyai NIDN, Bagaimana dengan dosen yang belum mempunyai NIDN s.d. agustus 2023?

Registrasi akun SISTER dapat dilakukan di SISTER (Versi Cloud)

 

Terkait kewajiban khusus untuk jenjang AA dan Lektor, untuk jurnal sinta 3 s.d 6, apakah hanya untuk yg Serdos berlaku secara keseluruhan?

Berlaku untuk keseluruhan

 

Untuk approval data/verifikasi level akhir di PTN BH apakah dilakukan admin PTN BH seperti halnya di LLDIKTI, atau approval masih dilakukan oleh admin PD DIKTI?

Untuk saat ini approval PDD untuk PTN BH ada di kementerian

 

Apakah untuk Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH) harus mengikuti semua proses ini?

Betul, update ini dilakukan oleh semua PT

 

Apabila dosen yang sudah punya NIDN di PTS namun ingin pensiun, bagaimana agar NIDN dinonaktifkan supaya tidak disalahgunakan oleh pihak lainnya?

Proses tersebut perlu dilakukan melalui Admin PDDIKTI

 

Bagaimana bagi PTKL yang proses penilaian di SISTER nya berlangsung 31 Juli 2023?

Jika penilaian hingga 31 Juli, maka penilaian dapat dilakukan di SISTER PT yang ada saat ini

 

Saya dosen baru. Apa yg bisa saya lakukan utk mendapatkan akun SISTER?

Dapat melakukan registrasi pada SISTER PT saat ini

 

Bagaimana dengan PT di naungan Kemenag yang belum memiliki atau menginstal SISTER PT?

Segera instal jika memungkinkan, jika tidak maka perlu menunggu SISTER Versi Cloud di bulan Agustus untuk mulai menggunakan layanan dosen

 

Pada proses sinkronisasi SISTER versi lama (manual), pada PT kami banyak dosen yang mata kuliahnya tidak ter-update di SISTER. Apakah pada SISTER Versi Cloud ini dosen perlu input ulang?

Dapat diinformasikan ke Pusat Bantuan untuk lebih detailnya supaya dapat dilakukan pengecekan. Penting diingat, data mata kuliah pada SISTER berasal dari data yang diisi melalui aplikasi PDDIKTI

 

Apabila dosen belum memiliki akun SISTER, versi cloud apakah akan memiliki fasilitas pendaftaran akun dosen?

Tentu saja, dosen dapat melakukan registrasi pada halaman awal SISTER

 

Apakah untuk seluruh tendik harus memiliki akun SISTER juga? Karena selama ini hanya dosen saja yang memiliki akun SISTER.

Tendik perlu memiliki akun SISTER untuk dapat melakukan perubahan data tendik secara mandiri

 

Bagaimana dengan PTKIS di bawah kementerian Agama, Bagaimana prosedur untuk SISTER Versi Cloud?

Akan sama seperti dengan PT yang lain

 

Untuk Pusat Bantuan, apakah ada kemungkinan dapat SSO dengan SISTER?

Untuk pengintegrasian dengan akun SISTER sedang kami kaji

 

Apakah menu pada admin PT di SISTER Versi Cloud apakah berbeda? Seperti pengajuan asesor, pengesahan penilaian pimpinan, dan apakah sinkronisasi admin PT masih berlaku?

Masih sama seperti sebelumnya, hanya menu update dan sinkronisasi yang akan dihapus

 

 

 

Kumpulan Soal Sering Ditanya pada Sosialisasi Perilisan SISTER (versi Cloud)

Berikut adalah kumpulan Soal Sering Ditanya pada sesi Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud) yang dilaksanakan pada 10 Juli 2023.

(Klik pada kalimat pertanyaan untuk membuka jawabannya)

 

Sistem SISTER (versi Cloud)

Di mana SISTER Cloud dapat diunduh?

SISTER (versi Cloud) tidak perlu diunduh dan dapat langsung diakses pada laman https://sister.kemdikbud.go.id/

Sampai saat ini PT kami masih belum bisa login, padahal sudah kirim file JSON melalui email, bagaimana solusinya?

Mohon untuk menginformasikan nama PT. Sebagai informasi untuk proses pengecekan manual sync membutuhkan waktu hingga 2x24 jam.

Jika dosen yang bersangkutan tidak bisa mengakses email yang digunakan di SISTER, bagaimana cara mengganti email sebagai username di SISTER?

Untuk pergantian email mohon untuk bersurat ke PDDikti pada email pddikti@kemdikbud.go.id.

Bagaimana untuk institusi yang baru akan menggunakan SISTER (versi Cloud) atau belum pernah sama sekali menggunakan SISTER, adakah PIC yang bisa dihubungi?

Jika belum pernah, untuk Dosen bisa langsung mendaftar. Untuk pendaftaran akun Admin PT perlu mengirimkan surat kepada Sesditjen DIKTI.

Bagaimana prosedur perpindahan operasional dari SISTER PT ke SISTER Cloud? Kapan SISTER PT "harus" dimatikan?

Seluruh operasional dipindah untuk dilakukan di SISTER Cloud, namun kami mengimbau untuk tidak mematikan SISTER PT sekarang terlebih dahulu dikarenakan data SISTER PT sekarang menjadi acuan utama untuk back-up. Setelah SISTER (versi Cloud) sudah cukup stabil, SISTER PT dapat dinonaktifkan

Apabila terjadi perpindahan homebase, apakah data kinerja dari perguruan tinggi sebelumnya di-cover oleh SISTER baru?

Ya, ter-cover.

Setelah menggunakan SISTER Cloud, ada beberapa dosen yang homebase-nya berubah/pindah, bagaimana solusinya?

Mohon untuk melakukan migrasi akun terlebih dahulu pada laman man-akses oleh Admin PT.

Apakah memang tidak ada opsi sinkron? Karena sekarang hanya ada menu ‘Pilih dosen/tendidik’.

Untuk SISTER (versi Cloud) tidak membutuhkan untuk klik sinkronisasi pada platform karena akan tersinkronisasi secara otomatis.

Kami tidak bisa akses ke SISTER karena belum pernah melakukan sinkronisasi. Kemungkinan admin terdahulu di PT kami yang pernah mencoba menginstal di lokal. Bagaimanakah solusinya?

Perlu melakukan konfirmasi ke Pusat Bantuan bahwa Perguruan Tinggi belum pernah memakai SISTER sebelumnya dan akan berlanjut ke SISTER (versi Cloud) tanpa melakukan sinkronisasi.

 

Perubahan Data Dosen

Apakah untuk perubahan data pendidikan tidak perlu lagi di PDDikti Admin?

Khusus untuk perubahan data dosen, namun untuk registrasi serta penonaktifan dosen masih di PDDIKTI Admin.

Apakah data yang ada di SISTER dapat dilihat orang lain seperti data PDDIKTI?

Untuk data-data seperti Serdos, BKD dan PDD Dosen dapat dilihat oleh Admin PT terkait.

Apakah perubahan status dosen dari aktif ke Tubel juga dari PDD SISTER Dosen? Dan Apakah masih mengubah setting BKD dosen tersebut secara manual?

Perubahan data dosen dari aktif ke Tugas Belajar dapat dilakukan di SISTER yang perlu diajukan dari akun Admin PT. BKD untuk dosen Tugas Belajar masih dapat diubah di setting BKD Dosen tersebut.

Bagaimana jika ada ajuan PDD kami tentang Data Pokok Dosen dan Perpindahan homebase di PDDIKTI sampai saat ini belum disetujui?

Apabila pengajuan homebase di PDDikti belum disetujui. Mohon untuk menghubungi pihak PDDikti melalui call center 126 untuk melakukan follow up.

Kami ada dosen yang berasal dari PLP. Untuk menu SISTER masih berupa tenaga kependidikan bukan menu dosen. Untuk PDDIKTI sudah kami ajukan, dan sudah disetujui. Untuk kasus seperti ini, bagaimana solusinya?

Mohon untuk melaporkannya ke Pusat Bantuan dengan melampirkan screen record berbentuk video rekam layar agar dapat dibantu lebih lanjut.

Update jabatan fungsional GB belum juga divalidasi oleh Dikti padahal sudah lama diajukan sehingga dosen tersebut dianggap pensiun. Bagaimana solusinya?

Mohon untuk menghubungi Pusat Bantuan. Apabila pengajuan sudah melebihi 14 hari, maka akan dibantu dieskalasi ke tim terkait.

Untuk data dosen yang hilang, apakah diajukan/ditambahkan ulang di SISTER atau melalui Pusat Bantuan?

Silakan untuk mengajukan kembali melalui SISTER (versi Cloud).

 

Beban Kerja Dosen

Kenapa opsi layanan BKD kami tidak ada ya?

Mohon pastikan sudah memilih peran pada level Perguruan Tinggi dan bukan pada level Pusat.

Bagaimana cara mendapatkan akun Admin BKD?

Silakan menghubungi Admin PT terkait untuk menambahkan peran tersebut pada laman man-akses.

Pada SISTER Cloud untuk akun Admin BKD, belum muncul menu penugasan asesor dan mencari asesor & asesor internal. Apakah ada perbedaan menu dengan SISTER yang lama?

Benar, untuk SISTER (versi Cloud) akan ada beberapa perubahan terutama pada menu penugasan Asesor.

Bagaimana cara untuk menambahkan rumpun ilmu dan nama-nama jurnal untuk menambahkan pengelola jurnal?

Untuk jurnal yang tidak muncul di Media Publikasi karena jurnal tersebut harus diimport terlebih dahulu oleh Admin PT.

 

Akun dan Login

Jika SISTER PT sudah dinonaktifkan, apakah username dan password bisa digunakan juga di SISTER (versi Cloud)?

Untuk login SISTER (versi Cloud) dapat menggunakan username dan password yang sama seperti login dahulu di SISTER PT.

Apakah Dosen bisa mengganti email secara mandiri?

Dosen bisa mengganti email dengan melakukan perubahan username di menu pengaturan.

 

Lainnya

Apakah akses pada ‘Layanan Serdos’ masih tertutup?

Untuk Layanan Serdos seharusnya tetap dibuka dan Anda bisa membuka status ketersediaan Serdos Anda.