Sebagai Validator Pusat atau Validator PDD Kementerian Pendidikan dan Riset memiliki tugas untuk melakukan verifikasi dan validasi (verval) data atas semua ajuan yang ditujukan oleh Admin PT, termasuk ajuan perubahan tipe Dosen.
Sebelumnya, Tim Validator Pusat melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) seperti pengajuan perubahan nomor registrasi yang ada pada platform PDDIKTI Admin, namun saat ini proses bisnis yaitu perubahan tipe Dosen telah berpindah dan terintegrasi ke dalam platform SISTER pada menu Manajemen PTK - Perubahan Tipe Dosen pada platform SISTER.
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti Tim Validator Pusat untuk memulai validasi data perubahan tipe Dosen:
- Validator Pusat mengakses laman https://sister.kemdikbud.go.id/. Masukkan Username/Email dan Password Anda sebagai Validator PDD.
- Setelah masuk ke halaman utama dashboard SISTER, pilih menu “Manajemen PTK” dari menu bar sebelah kiri platform SISTER Anda. Klik kolom “Perubahan Tipe”.
- Pada kiri atas halaman ‘Daftar Ajuan Perubahan Tipe Dosen’, Validator Pusat dapat mengklik kolom “Diajukan”. Untuk menampilkan pengajuan data Dosen yang telah diajukan oleh Admin PT masing-masing Perguruan Tinggi terkait. Klik tombol “Periksa” untuk memulai proses validasi salah satu ajuan perubahan tipe Dosen.
- Validator Pusat juga bisa mencarikan spesifik ajuan perubahan tipe Dosen menggunakan kata kunci nama Dosen atau nomor registrasi pada kolom pencarian “Cari Nama Dosen”. Lanjutkan dengan klik tombol “Periksa” untuk memulai validasi data.
- Setelah Anda klik tombol “Periksa”, Validator Pusat akan diarahkan ke halaman ‘Verifikasi dan Validasi Perubahan Tipe Dosen’, berisikan berbagai data dan dokumen Dosen, seperti: SK Dosen, Surat Perjanjian Kerja, dan lain-lain.
Pada dokumen yang berstatus ‘Perlu Diperiksa’, klik tombol “Periksa Dokumen” untuk memulai validasi data.
- Setelah klik tombol “Periksa Dokumen”, muncul data terkait dari data Dosen yang diajukan. Pada bagian ‘Apakah SK Dosen/Instruktur/Tutor sudah sesuai?’. Klik “Ya, sudah lengkap & sesuai” jika dokumen sudah benar dan sesuai.
- Jika data tidak sesuai, klik tombol “Tidak, belum lengkap & sesuai”. Lalu tuliskan keterangan pada ‘Catatan Perbaikan’ sesuai dengan hasil pengecekkan dokumen tersebut.
- Dokumen yang tidak sesuai atau belum lengkap akan berubah status dari ‘Perlu Diperiksa’ menjadi ‘Tidak Sesuai’. Validator Pusat masih dapat memastikan kembali hasil validasi data dengan klik tombol “Periksa Dokumen Kembali”.
Validator Pusat akan diarahkan kembali ke bagian isi dokumen, lakukan pengecekkan ulang, jika tidak ada perubahan dan sudah dipastikan validasi data benar, klik tombol “Simpan” kembali.
- Pastikan untuk membaca rubrik yang harus diperiksa jika muncul di dalam halaman dokumen yang perlu diperiksa. Jika validasi dokumen telah sesuai dan benar, Validator Pusat dapat klik “Ya, sudah lengkap & sesuai”. Lalu, klik “Simpan”.
- Validator Pusat tidak dapat menyetujui ajuan Admin dikarenakan terdapat dokumen yang tidak sesuai. Validator Pusat dapat “Periksa Dokumen Kembali” untuk memastikan hasil akhir validasi sebelum menekan tombol “Tolak”.
- Setelah klik “Tolak”, Validator Pusat akan diarahkan pada halaman konfirmasi. Jika terdapat tambahan catatan untuk menjadi evaluasi atau arahan lebih lanjut kepada Admin PT dan Dosen, tuliskan pada kolom ‘Tambahan Catatan’. Lalu, klik “Kirim Penolakan”.
- Muncul notifikasi ‘Ajuan Berhasil Ditolak’. Untuk melihat rangkuman hasil validasi data yang telah Validator Pusat lakukan dapat klik ‘Lihat Daftar Akun’.
- Ajuan yang telah ditolak, otomatis akan berpindah dari kolom “Diajukan” ke kolom “Ditolak”. Pada ajuan Dosen yang baru Anda validasi akan muncul pada urutan teratas dalam tabel.
- Setelah Validator Pusat klik ‘Lihat Rincian’, akan diarahkan pada rangkuman hasil validasi yang terbagi di beberapa bagian, seperti: Informasi Validasi, Rincian Ajuan yang Divalidasi, Dokumen yang Diperiksa, Perubahan Tipe Dosen, dan Penugasan.