Panduan SISTER
Admin
20 hours ago
Pengajuan kenaikan jabatan akademik Dosen gelombang 2 melalui SISTER telah dibuka mulai 17 September - 10 Oktober 2024, khusus untuk kenaikan menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar. Proses kenaikan jabatan tersebut akan diajukan oleh Operator PAK.
Apabila terdapat Dosen yang sebelumnya sudah diajukan di gelombang 1 namun hasil penilaian dan hasil revisi “belum direkomendasikan”, maka Dosen yang bersangkutan dapat diajukan kembali pada kenaikan jabatan akademik Dosen gelombang 2. Operator PAK perlu membuat ajuan ulang dengan melengkapi kembali data dan dokumen Dosen yang bersangkutan, dikarenakan ajuan gelombang 1 sudah di-reset oleh sistem.
Berikut ini akan dijelaskan alur kenaikan jabatan akademik di SISTER untuk Lektor Kepala mulai dari mengakses menu, memilih Dosen yang akan diajukan kenaikan pangkatnya, dan data serta dokumen yang perlu dilengkapi.
Catatan: Jika periode belum dibuka, tombol pengajuan tidak akan aktif
Dosen yang muncul pada tabel kenaikan jabatan yaitu Dosen yang sudah memenuhi kriteria sebagai berikut:
Lektor Kepala |
|
Setelah mempelajari kriteria eligibilitas di atas, selanjutnya Anda dapat mulai memilih Dosen sesuai alur berikut:
Pada bagian kanan terdapat tanda X (berwarna merah) atau ✔ , yang bermakna sebagai berikut:
Silakan klik “Lengkapi” untuk melengkapi tiap data dan dokumen persyaratan.
A. Kelengkapan Profil
Data pada laman ini terbagi menjadi tiga yaitu:
Data yang diunggah maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpeg, jpg, atau PNG.
Jika sudah selesai melengkapi data, klik “Simpan”.
Apabila ada data profil yang tidak dapat ditemukan di SISTER, maka dosen dan PT akan diminta untuk menghapus ajuan, melakukan PDD terkait kemudian mengajukan kembali setelah proses PDD selesai dengan jeda sekitar satu jam setelah PDD diselesaikan
B. Angka Kredit
Laman ini akan menampilkan data angka kredit sebagai berikut:
PNS
Non PNS
C. Syarat BKD
Laman ini menampilkan hasil dari BKD mulai periode BKD 2021/2022 Genap sampai BKD 2023/2024 Ganjil. Jika BKD sudah memiliki hasil simpulan di SISTER, maka hasil simpulan akan tertera pada laman ini. Namun jika BKD belum dilakukan di SISTER, maka Anda perlu mengunggah Dokumen BKD sesuai periode yang perlu dilengkapi. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB.
Contoh BKD yang perlu dilengkapi:
Contoh BKD yang hasil simpulan sudah lengkap:
D. Syarat Khusus
Pada Syarat Khusus, Anda perlu melengkapi data berikut:
Catatan Penting Mohon untuk memastikan data syarat khusus Dosen yang bersangkutan di SINTA sudah sesuai syarat untuk kenaikan Lektor ke Lektor Kepala di atas, karena sistem akan memeriksa kesesuaian data SINTA. Apabila tidak sesuai syarat maka akan otomatis mendapat pesan error dari sistem. |
Khusus Lampiran Karya Ilmiah
E. Dokumen Rekomendasi
Dokumen Rekomendasi perlu diunggah dengan ketentuan file maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png. Anda juga dapat melihat contoh dokumen dengan klik “Lihat Contoh”.
Berikut daftar dokumen rekomendasi yang perlu diunggah:
Pastikan Anda memasukkan nomor surat dan tanggal surat pada masing-masing dokumen.
Jika sudah berhasil mengunggah semua file, klik “Simpan”.
Setelah berhasil melengkapi semua dokumen persyaratan, berikut adalah tampilan laman Kelengkapan Dokumen untuk Kenaikan Jabatan:
1. Anda dapat mengecek kembali kelengkapannya dengan klik “Periksa” pada masing-masing dokumen. Jika Anda ingin membatalkan ajuan, klik “Hapus Ajuan”.
2. Selanjutnya klik “Kirim Permintaan Pengajuan” untuk mengirim detail ajuan ke Pimpinan PT.
3. Akan muncul pesan konfirmasi untuk mengirimkan ajuan. Pastikan ajuan telah sesuai untuk menghindari penolakan pada proses penilaian. Ajuan ini akan perlu disahkan oleh Pimpinan PT terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut.
4. Beri tanda centang yang menyatakan bahwa isian formulir dan dokumen telah sesuai.
5. Klik “Kirim Ajuan”.
6. Ajuan berhasil dikirim. Ajuan kenaikan jabatan akademik akan diperiksa oleh Pimpinan/Manajemen PT untuk pengesahan.
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi yaitu Pengesahan dari Pimpinan PT/Lembaga terkait. Panduan lengkap untuk kedua tahapan tersebut akan segera kami informasikan kepada Anda.
Borang Penilaian Kenaikan Jabatan Asisten Ahli ke Lektor
Alur Pengecekan Hasil Penilaian dan Pengajuan Revisi Kenaikan Jabatan Dosen
Kendala atau Notifikasi Eror saat Pengajuan Kenaikan Jabatan di SISTER
Cara Operator PAK Melakukan Monitoring Ajuan dan Penilaian Kenaikan Jabatan Akademik Dosen
Cara Dosen Melihat Status Ajuan Kenaikan Jabatan Akademik
Tombol Sync SINTA untuk Karya Ilmiah di Publikasi Karya Dosen
Pengesahan Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik oleh Pimpinan Perguruan Tinggi
Cara Registrasi Akun Operator PAK
Cara Membuat Akun Pimpinan (Manajemen PT/LLDIKTI/KL)
Tahapan Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik Dosen
Alur Pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik di SISTER untuk Lektor Kepala
Alur Kenaikan Jabatan Akademik di SISTER untuk Guru Besar
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Tindak Lanjut Untuk Dosen Yang Terkena Dampak Pembekuan Akun
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Cara Melakukan Perubahan Data Dosen di SISTER (Versi Cloud)
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Apakah Artikel Ini Membantu ?
2 dari 2 orang menyukai artikel ini