Panduan SISTER

Alur Kenaikan Jabatan Akademik di SISTER untuk Guru Besar

Admin

2 days ago


0527_Rev_Header Kenaikan jabatan GB@3x.png


Kenaikan jabatan peralihan Dosen akan dilakukan melalui platform SISTER khusus kenaikan menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar. Proses kenaikan jabatan tersebut akan diajukan oleh Operator PAK.

Menu pengajuan Kenaikan Jabatan Akademik masa peralihan akan aktif pada saat periode pengajuan sudah dibuka, dan akan kembali dinonaktifkan pada saat periode pengajuan ditutup.

Terdapat beberapa tahapan pada alur kenaikan jabatan akademik di SISTER untuk Guru Besar mulai dari mengakses menu, memilih Dosen yang akan diajukan kenaikan jabatannya, dan data yang perlu dilengkapi.

 

0527_Rev_Kategori Pemadanan copy 4@3x.png

 

  1. Login ke SISTER menggunakan akun Operator PAK

    Picture106.png


  2. Masuk ke menu “Kenaikan Karir Peralihan”.

    Picture107ada.png


  3. Pilih kenaikan jabatan “Guru Besar” dengan klik "Mulai Pengajuan".

    afafdqwa.png

    Catatan: Jika periode belum dibuka, tombol pengajuan tidak aktif (berwarna abu abu).

     

  4. Kemudian Anda akan diarahkan ke laman pengajuan Kenaikan Jabatan. Pilih Periode Promosi GB 2024 - Pengusulan, kemudian klik “Mulai Pengajuan”.

    Picture109abj.png


  5. Pada laman Kenaikan Jabatan, tersedia 4 menu sesuai dengan alur pengajuan Kenaikan Jabatan berikut:
    • Pemilihan Dosen (dilakukan pada menu Pilih Dosen)
    • Melengkapi Dokumen Dosen (dilakukan pada menu Kelengkapan Dokumen)
    • Penugasan (dilakukan pada menu Penugasan)
    • Monitoring Ajuan (dilakukan pada menu Monitoring Ajuan)

      Pemilihan Dosen Kenaikan Jabatan ke GB.png


0527_Rev_Kategori Pemadanan copy 5@3x.png

Dosen yang muncul pada tabel kenaikan jabatan yaitu Dosen yang sudah memenuhi kriteria sebagai berikut:

 

Guru Besar

  • Jabatan akademik terakhir Lektor Kepala
  • Minimum S3
  • Telah menempati jabatan akademik Lektor Kepala selama lebih dari 2 tahun
  • BKD selama 4 semester terakhir telah Memenuhi (M)
  • Telah menjadi dosen selama lebih dari 10 tahun sejak dalam jabatan akademik pertama (AA/L)
  • Total KUM angka kredit memenuhi untuk naik jabatan menjadi Guru Besar
  • Untuk Dosen yang baru lulus S3 maka dapat mengajukan kenaikan ke Guru Besar setelah lulus S3 lebih dari 3 tahun. Namun jika baru lulus S3 < dari 3 tahun dapat mengajukan jika memiliki publikasi JIB setelah selesai Doktor
  • Untuk Dosen PNS, pangkat minimal IVA / IVB / IVC

Setelah mempelajari kriteria eligibilitas di atas, selanjutnya Anda dapat mulai memilih Dosen sesuai alur berikut:

  1. Pilih Dosen yang akan diajukan kenaikan pangkatnya berdasarkan tipe kepegawaian Dosen:
    • Dosen PNS/PNS dengan JF Dosen
    • Dosen Pegawai Tetap Perguruan Tinggi
    • Dosen dengan NIDK

  2. Anda dapat memilih satu per satu Dosen atau klik “Pilih Semua” untuk mengajukan kenaikan semua Dosen yang ada pada tabel. Jika sudah memilih Dosen, klik “Ajukan sebagai GB”.

    pilih dosen kenaikan GB.png

  3. Setelah dilakukan pengajuan, akan muncul notifikasi pada kotak hijau sebagai tanda data ajuan berhasil dipilih. Nama Dosen yang dipilih dipindahkan ke tabel “Kelengkapan Dokumen”, untuk kemudian diproses pada tahap selanjutnya.

    Picture112.png


0527_Rev_Kategori Pemadanan copy 6@3x.png

  1. Setelah memilih Dosen yang akan diajukan, selanjutnya Anda diarahkan ke tab Kelengkapan Dokumen. Tombol “Lengkapi Dokumen” akan muncul di kolom Tindakan. Silakan klik tombol tersebut agar dapat diarahkan ke laman pengisian kelengkapan dokumen.

    Picture137.png

    Catatan: Jika ingin menghapus Dosen dari daftar pengajuan, Anda dapat klik icon tempat sampah, kemudian klik “Ya, Hapus” pada pesan konfirmasi yang muncul. Dosen yang dihapus dari daftar ini akan ditarik pengajuannya dan perlu diajukan ulang melalui menu Pilih Dosen.

  2. Di laman Kelengkapan Dokumen, Anda dapat melihat Data Dosen yang terdiri dari:
    • Nama Peserta
    • NIDN/NUPTK
    • Jenis Dosen
    • Jabatan
    • Golongan/Ruang
    • Rumpun Ilmu

  3. Kelengkapan Dokumen yang perlu dilengkapi terbagi menjadi 5 yaitu:
    • Kelengkapan Profil
    • Angka Kredit
    • Syarat BKD
    • Syarat Khusus
    • Syarat Khusus Tambahan
    • Dokumen Rekomendasi

      Pada bagian kanan terdapat tanda X (berwarna merah), yang berarti dokumen belum dilengkapi. Silakan klik “Lengkapi” untuk melengkapi tiap dokumen.

      John 4A.png


A. Kelengkapan Profil

Data yang pertama harus dilengkapi adalah Data Profil. Seluruh data profil diambil dari SISTER. 

Apabila ada data Dosen yang belum lengkap, harap untuk menghapus/tarik ajuan Dosen terkait di tab Kelengkapan Dokumen. Anda dapat kembali mengajukan kenaikan jabatan Dosen terkait jika data Dosen sudah dilengkapi dan diverifikasi melalui PDD.

Berikut data yang perlu Anda unggah dan tidak otomatis terisi dari sistem:

Pendidikan Terakhir

  • Ijazah Pendidikan Terakhir
    Lampiran pada formulir ini tidak memperbarui Riwayat Pendidikan pada akun SISTER Dosen terkait.
  • Penyetaraan Ijazah Luar Negeri
    Lampiran pada formulir ini tidak memperbarui Riwayat Pendidikan pada akun SISTER Dosen terkait. Untuk Perguruan Tinggi dalam negeri, silakan unggah dengan dokumen kosong.
  • Disertasi/Thesis Pendidikan Terakhir
    Lampirkan abstrak disertasi/thesis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.
  • Akreditasi Prodi
    Lampirkan dokumen akreditasi prodi atau Surat Pernyataan dari Perguruan Tinggi untuk pendidikan tertinggi yang ditempuh dosen. Atau jika yang bersangkutan lulusan luar negeri, maka silakan memasukkan hasil dari PILN.

Data yang diunggah maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpeg, jpg, atau PNG.

 

Proposal Kenaikan

  • Mata Kuliah yang Diampu
    Pilih maksimal 3 mata kuliah yang paling merepresentasikan keahlian Dosen. Jika Mata Kuliah yang Diampu tidak terdapat dalam daftar, Admin PT harus memeriksa di Neofeeder (di luar SISTER). Jika sudah terhubung silakan untuk mencoba kembali.
  • Bidang Ilmu Kepakaran/Ranting Ilmu
    Tuliskan ranting ilmu usulan sesuai dengan keputusan berita acara senat. Pastikan sesuai karena informasi ini akan tertera pada SK.

 

Jika sudah selesai melengkapi data, klik “Simpan”.

Kelengkapan Profil Dosen - naik ke GB.png

 

B. Angka Kredit

Laman ini akan menampilkan data angka kredit sebagai berikut:

PNS

  • AK Integrasi
    Sudah terisi otomatis sesuai AK Integrasi yang terdata di SISTER. Jika kolom AK Integrasi masih kosong, maka pengajuan kenaikan jabatan Dosen terkait harus dihapus/ditarik. Silakan lakukan kembali pengajuan kenaikan jabatan Dosen terkait saat proses AK Integrasi Dosen sudah selesai dan sudah dikirim ke BKN.
  • Predikat SKP 2023
    Terisi sesuai dengan predikat yang telah dilengkapi Operator PAK saat mengajukan AK Konversi Dosen. Namun Anda masih dapat merubah predikat SKP 2023 di laman ini.
  • Total AK
    Hasil Angka Kredit Dosen yang otomatis terisi berdasarkan predikat SKP 2023 yang sebelumnya telah diisi oleh Operator PAK.
  • Bukti Dukung PAK
    Anda dapat menggunakan dokumen AK tooling (perangkat bantu AK Konversi) untuk melengkapi bukti dukung PAK.
  • Dokumen SKP
    Unggah Dokumen SKP 1 Tahun Sebelum dan Dokumen SKP 2 Tahun Sebelum dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png (maksimal 5 MB).

ak integrasi LK ke GB updated.png


Non PNS

  • Input AK Total
    Silakan ketik AK yang dimiliki secara manual
  • Dokumen DUPAK & PAK
    Unggah dokumen Daftar Usulan Penyesuaian atas Kenaikan Pangkat (DUPAK) dan PAK yang telah digabungkan menjadi 1 (satu) dokumen dengan format PDF.

C. Syarat BKD

Laman ini menampilkan hasil dari BKD mulai periode BKD 2021/2022 Genap sampai BKD 2023/2024 Ganjil. Jika BKD sudah memiliki hasil simpulan di SISTER, maka hasil simpulan akan tertera pada laman ini. Namun jika BKD belum dilakukan di SISTER, maka Anda perlu mengunggah Dokumen BKD sesuai periode yang perlu dilengkapi. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB.


Picture122a.png

Picture124a.png

BKD simpulan TM LK ke GB.png

 

D. Syarat Khusus

Pada Syarat Khusus, Anda perlu melengkapi data berikut:

  • Tautan Profil Akun SINTA
    Masukkan tautan akun profil SINTA terkait.
  • Surat Pernyataan Pakta Integritas Karya Ilmiah Dosen
    Silakan klik “Lihat Contoh” untuk melihat contoh format surat. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB.
  • Surat Pakta Integritas Validasi Pimpinan PT
    Silakan klik “Lihat Contoh” untuk melihat contoh format surat. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB.
  • Lampiran Karya Ilmiah
    Lampirkan Karya Ilmiah dengan klik “Tarik Portofolio”. Karya Ilmiah yang dilampirkan wajib sesuai dengan syarat dan kondisi berikut:
    • Syarat untuk Lektor Kepala ke Guru Besar
      Melampirkan 1 karya ilmiah/artikel jurnal internasional sebagai penulis pertama. Terindeks Scopus (SJR >0.10) atau WoS Clarivate Analytics (JIF>0.05).
    • Syarat Khusus (Wajib dilampirkan jika S3 kurang dari 3 tahun lalu)
      Satu Karya Ilmiah atau Artikel Jurnal Internasional sebagai penulis pertama setelah S3.

Picture18ad.png


Khusus Lampiran Karya Ilmiah

  1. Setelah klik “Tarik Portofolio”, Anda akan diarahkan ke laman Pilih Karya Ilmiah untuk memilih publikasi Dosen. Anda dapat melihat data riwayat publikasi karya Dosen terkait selama masa jabatan terakhir. Pastikan memilih publikasi yang sesuai dengan persyaratan pengajuan kenaikan jabatan. Portofolio yang dapat diklaim hanyalah yang bersumber dari akun SINTA dosen.

  2. Jika sudah memilih, klik “Selanjutnya”.

    Picture155a.png
    Picture156.png

  3. Data Publikasi ada yang sudah otomatis terisi sesuai dengan data di sistem, namun ada juga data yang perlu dilengkapi secara manual. Berikut data yang perlu Anda lengkapi:
    • Tautan Web Jurnal
      Masukkan tautan web jurnal dari Dosen terkait.
    • Tautan Artikel di SINTA (Opsional)
      Masukkan tautan artikel di SINTA jika ada. Tautan artikel SINTA yang dimaksud adalah indeks SINTA.
    • Dokumen Korespondensi
      Unggah dokumen korespondensi seperti contoh yang disediakan. Untuk melihat contoh, klik tombol “Lihat Contoh”. File maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.
    • Dokumen Plagiarisme
      Unggah dokumen plagiarisme seperti contoh yang disediakan. Untuk melihat contoh, klik tombol “Lihat Contoh”. File maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.
    • Dokumen Artikel
      Unggah file maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.

    Jika sudah mengunggah, klik “Simpan”.

    adaswdas.png

  4. Setelah selesai melampirkan karya ilmiah, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Silakan klik “Simpan” untuk menyimpan keseluruhan data syarat khusus yang sudah dilengkapi.

     

Picture130.png

E. Syarat Khusus Tambahan 

Dokumen Syarat Khusus Tambahan hanya tersedia di laman kenaikan jabatan untuk Guru Besar. Silakan lengkapi dengan cara berikut:

  1. Pilih kategori yang sesuai di antara:
    • Pernah mendapatkan hibah penelitian kompetitif/penugasan tingkat daerah/ nasional/ kementerian/ internasional/ korporasi
    • Pernah membimbing/bantu program doktor (di PT sendiri/ lain) dengan melampirkan bukti yang dibimbing telah lulus
    • Pernah menguji sekurangnya 3 mahasiswa doktor dengan melampirkan bukti disertasi mahasiswa yang diuji
    • Sebagai reviewer sekurangnya 3 jurnal internasional bereputasi yang berbeda
  1. Unggah dokumen dengan klik “Cari dokumen”. Dokumen yang diunggah maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.

    Picture131d.png

F. Dokumen Rekomendasi

Dokumen Rekomendasi perlu diunggah dengan ketentuan file maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png. Anda juga dapat melihat contoh dokumen dengan klik “Lihat Contoh”.

Berikut daftar dokumen rekomendasi yang perlu diunggah:

  • Dokumen Kebutuhan dan Formasi Jabatan
  • Pengantar PT/LLDIKTI/KL (sesuai format pengantar di PT masing-masing)
  • Berita Acara Senat
  • Berita Acara Komite Integritas Akademik
  • Surat Pakta Integritas

Pastikan Anda memasukkan nomor surat dan tanggal surat pada masing-masing dokumen.

Jika sudah berhasil mengunggah semua file, klik “Simpan”.

Picture132cv.png



Selanjutnya, berikut adalah tampilan laman Kelengkapan Dokumen untuk Kenaikan Jabatan jika seluruh dokumen yang diminta telah dilengkapi.

1. Anda dapat mengecek kembali kelengkapannya dengan klik “Periksa” pada masing-masing dokumen. Jika Anda ingin membatalkan ajuan, klik “Hapus Ajuan
2. Selanjutnya klik “Kirim Permintaan Pengesahan” untuk mengirim detail ajuan ke Pimpinan PT.

Picture29afda.png

3. Akan muncul pesan konfirmasi untuk mengirimkan ajuan. Pastikan ajuan telah sesuai untuk menghindari penolakan pada proses penilaian. Ajuan ini akan perlu disahkan oleh Pimpinan PT terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut.
4. Beri tanda centang yang menyatakan bahwa isian formulir dan dokumen telah sesuai
5. Klik “Kirim Ajuan

6. Ajuan Berhasil Dikirim. Ajuan Anda kini berstatus ‘Penugasan’ dan sedang menunggu proses pengesahan atasan untuk proses lebih lanjut. Silakan cek progres secara berkala.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi yaitu Pengesahan dari Pimpinan PT/Lembaga terkait. Panduan lengkap untuk kedua tahapan tersebut akan segera kami informasikan kepada Anda.

 

 

sisterakses sister@3x.png

Apakah Artikel Ini Membantu ?

2 dari 2 orang menyukai artikel ini

Komentar