Panduan SISTER

Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan

Admin

2 months ago

Promoted

Jika Anda mengalami kendala teknis terkait platform SISTER atau memiliki pertanyaan terkait substansi, maka Anda dapat menghubungi kami melalui Pusat Bantuan agar dapat dibantu lebih lanjut. Tombol Pusat Bantuan tersedia di laman SISTER dan Pusat Informasi.

Silakan klik tab di bawah ini sesuai dengan tahapan yang ingin Anda lihat.

A. SISTER (Versi Cloud)
Tombol Pusat Bantuan dapat diakses di laman depan sebelum login, dan di setiap laman yang ada di dalam SISTER setelah login.

Pusban 1.png
Sebelum Login
Pusban 2.png
Setelah Login

 

B. Pusat Informasi

Dapat diakses melalui https://layanandosen.zendesk.com/hc/en-gb. Anda dapat klik tombol Pusat Bantuan apabila tidak menemukan jawaban dari pertanyaan/kendala yang Anda alami di Pusat Informasi.

Pusban 3.png
 

Berikut cara mengisi dan mengirim data serta pertanyaan/keluhan Anda melalui tombol dan formulir Pusat Bantuan:

1. Klik “Tombol Pusat Bantuan” pada laman SISTER atau Pusat Informasi.

2. Lengkapi data berikut:

  • Nama Lengkap Anda
    Tuliskan nama lengkap Anda.
  • Email Anda
    Masukkan email aktif Anda. Penting, tim Pusat Bantuan akan membalas pertanyaan atau laporan Anda ke email yang Anda masukkan, pastikan email Anda dapat diakses.
  • Username di SISTER (Opsional)
    Tuliskan username Anda di SISTER.
  • Peran
    Pilih peran Anda di SISTER, di antara Dosen, Admin Perguruan Tinggi, Pembina Perguruan Tinggi/LLDIKTI, Asesor, Unit BKD Internal, Developer, PSD-PTU, PSD-PTPS, Operator PAK PT, Manajemen PT, Admin SKP Pusat, Penilai Atasan Langsung, Penilai Atasan Pengesah, atau Lainnya.
  • NIDN/NIDK/NUP (khusus peran Dosen)
    Masukkan NIDN/NIDK/NUP secara tepat.
  • Jenis PT
    Pilih jenis PT Anda diantara Sekolah Tinggi, Universitas/Insitut, Politeknik, Akademi.
  • Jenis Pembina PT
    Pilih diantara PTN BH, PTN BLU, PTN Satker, LLDIKTI, PTKL, atau PTA.
  • Perguruan Tinggi Asal
    Tuliskan nama Perguruan Tinggi Asal Anda.
  • Provinsi dan Kota/Kabupaten
    Mohon diisi dengan Kota/Kabupaten tempat kendala berlangsung.
  • Jenis Laporan - Tipe Laporan
    Pilih jenis laporan Anda diantara Pertanyaan & Informasi, Permintaan, Keluhan & Kendala, atau Aspirasi & Saran.
  • Kategori
    Pilih kategori yang berkendala atau ingin ditanyakan apakah terkait platform atau regulasi.
  • Perihal
    Tuliskan topik yang ingin ditanyakan atau berkendala
  • Detail Pertanyaan
    Tuliskan detail pertanyaan atau kronologi secara detail jika mengalami kendala.
  • Dokumen Pendukung
    Unggah dokumen pendukung yang berkaitan dengan pertanyaan atau kendala yang dialami. Contoh: screenshot atau screen record.

3. Setelah melengkapi data, klik “Kirim”.

form pusban (s).png

 

Sebelumnya, mari kenali apa yang dimaksud dengan nomor tiket.

Nomor tiket adalah kode unik sebagai nomor identitas dari pertanyaan/kendala/laporan yang telah Anda kirim ke Pusat Bantuan. Nomor tiket berguna untuk merunut dan memantau perkembangan dari pertanyaan/kendala/laporan yang telah Anda kirim. Tim kami juga akan menindaklanjuti dan membalas pesan Anda melalui email berdasarkan nomor tiket tersebut. 

 

Nomor tiket akan Anda terima melalui pesan otomatis yang dikirim ke email yang telah Anda masukkan saat pengisian formulir Pusat Bantuan.

contoh nomor tiket.png
Nomor tiket pada contoh: 1440370

Selanjutnya tim Pusat Bantuan akan menanggapi pertanyaan atau keluhan ke email Anda.

Anda akan menerima balasan terkait pertanyaan atau kendala yang telah Anda laporkan. Isian pesan balasan tergantung pada kategori pertanyaan atau kendala Anda. Silakan simak contoh beberapa jenis balasan tim Pusat Bantuan di bawah ini.

Penting, tim Pusat Bantuan akan membalas pertanyaan atau laporan Anda ke email yang Anda masukkan, pastikan email Anda dapat diakses.

 

A. Memberikan Solusi atau Panduan

Anda dapat mengikuti jawaban atau solusi yang telah diberikan oleh tim Pusat Bantuan. Namun jika Anda masih ada pertanyaan atau kendala, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  • Langsung membalas email tersebut, atau 
  • Mengisi formulir melalui tombol Pusat Bantuan kembali, dengan memastikan alamat email yang dimasukkan sama dengan sebelumnya. 
contoh email 1.png

 

B. Menanyakan Data yang Lebih Lengkap
Apabila sebelumnya Anda belum mengisi data dengan lengkap pada formulir Pusat Bantuan, maka Anda akan menerima email yang meminta Anda untuk menginformasikan data terkait.
Mohon untuk membalas email tersebut dengan menyertai data-data yang diminta agar kendala Anda dapat dibantu lebih lanjut.

Contoh email 2.png

 

C. Sedang Dilakukan Pengecekan
Anda akan mendapatkan informasi bahwa kendala yang Anda laporkan sedang ditindaklanjuti oleh tim terkait kami. Selanjutnya mohon untuk menunggu informasi lebih lanjut yang akan dikirim ke email Anda.
Namun jika Anda masih ada pertanyaan terkait kendala yang sama, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  • Langsung membalas email tersebut, atau 
  • Mengisi formulir melalui tombol Pusat Bantuan kembali, dengan memastikan alamat email yang dimasukkan sama dengan sebelumnya. 

Apakah Artikel Ini Membantu ?

0 dari 0 orang menyukai artikel ini

Komentar