Panduan SISTER
Admin
1 week ago
Email yang digunakan Dosen sebagai username untuk akses SISTER (versi Cloud) dapat diubah. Alur perubahan email SISTER Dosen tersebut dibagi menjadi dua cara sesuai kondisi berikut:
Berikut langkah-langkah mengubah email sesuai dengan 2 (dua) kondisi di atas:
Dosen Tidak Bisa Login
Jika kondisinya Dosen tidak bisa login ke SISTER karena email sudah tidak aktif, email tidak bisa diakses atau lupa alamat email, Dosen dapat mengajukan perubahan email ke Admin PT. Fitur untuk mengubah email Dosen sudah bisa diakses Admin PT mulai 13 November 2023 melalui Manajemen Akses.
Silakan lakukan langkah berikut:
1. Dosen menghubungi Admin PT SISTER di perguruan tinggi Dosen untuk mengajukan perubahan email untuk login SISTER.
2. Admin PT membuka Manajemen Akses pada tautan berikut: https://akses.kemdikbud.go.id/auth/login. Silakan login menggunakan email dan password yang sama dengan akun SISTER Admin PT.
3. Klik menu “Pengguna”.
4. Klik “Edit” pada nama Dosen yang akan diubah datanya.
5. Silakan isi email baru Dosen pada kolom “Email”. Selain mengubah Email, Admin PT juga dapat mengubah Wilayah dan No. HP Dosen.
6. Setelah mengubah Email Dosen, silakan klik “Submit”.
7. Jika sudah yakin untuk mengubah email Dosen terkait, silakan klik “Edit”.
8. Dosen akan mendapatkan pesan di kotak masuk email yang baru diperbarui. Pesan tersebut berisi informasi perubahan email lama dan email baru Dosen.
9. Kemudian Dosen dapat login ke SISTER menggunakan email baru. Namun apabila Dosen lupa password, silakan lakukan reset password dengan mengikuti panduan pada artikel berikut:
Panduan jika Lupa Kata Sandi di SISTER (Versi Cloud)
Dosen Sudah Bisa Login
Apabila Anda sudah bisa login, Anda dapat mengubah email Anda secara mandiri melalui akun SISTER Anda dengan cara berikut:
1. Masuk ke https://sister.kemdikbud.go.id
2. Klik "Pengaturan".
3. Pilih "Ubah Username".
4. Kemudian lengkapi kolom berikut:
Jika sudah melengkapi data di atas, klik “Simpan”.
5. Anda akan menerima email aktivasi ke email baru, mohon untuk klik link aktivasi untuk mengaktifkan akun SISTER Anda kembali.
Informasi Penting: Sebelum mengganti email atau username, mohon pastikan alamat email untuk username baru sudah benar dan Anda dapat login ke email tersebut. |
FAQ
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Langkah Lanjutan untuk Dosen yang Belum Memiliki Akun SISTER
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Cara Admin PT Mengelola Pengguna di Manajemen Akses
Tampilan Beranda (Homepage) Baru di SISTER (versi Cloud)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Panduan Penyelesaian Masalah (Troubleshoot) Akses ke Menu di dalam SISTER
Cara Dosen Mengubah Email di SISTER (versi Cloud)
Panduan Kendala Terkait Login ke Akun SISTER (Versi Cloud)
Cara Mengubah Peran di Beranda SISTER (Versi Cloud)
Panduan jika Lupa Kata Sandi di SISTER (Versi Cloud)
Cara Login ke Akun SISTER (Versi Cloud)
Solusi untuk Kendala Melengkapi Data dan Unggah Dokumen
FAQ Kendala Login SISTER dan Manajemen Akses
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Cara Melakukan Perubahan Data Dosen di SISTER (Versi Cloud)
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Apakah Artikel Ini Membantu ?
1 dari 1 orang menyukai artikel ini