Panduan SISTER

Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik

Admin

1 month ago

Promoted

Bagi yang belum memiliki akun SISTER, Anda dapat melakukan registrasi di platform SISTER (versi Cloud). Namun sebelum mendaftar, khusus Dosen/Tenaga Kependidikan (Tendik), pastikan memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Tenaga Kependidikan (NITK) dan terdaftar di PDDikti.

 

Berikut cara registrasi akun di SISTER (versi Cloud):

 

1. Masuk ke URL berikut https://sister.kemdikbud.go.id.

2. Kemudian pada Beranda, klik tombol “Belum punya akun? Daftar Sekarang”.

3. Silakan pilih peran Anda sesuai ketentuan berikut:

  • Jika Anda Dosen atau Tenaga Kependidikan, silakan pilih Dosen/Tendik untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.
  • Jika Anda Admin PT atau Operator, silakan pilih “Lainnya” untuk diarahkan ke platform Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE).

Setelah memilih peran, klik “Buat Akun”.

buat akun sister.png

4. Khusus Anda yang sebelumnya memilih Dosen/Tendik, maka Anda akan melanjutkan tahapan registrasi di SISTER. Silakan lengkapi data berikut:

  • NIDN/NITK
    Silakan lengkapi NIDN/NITK Anda dengan tepat.
  • Email
    Masukkan email Anda. Email dapat menggunakan domain apa saja namun pastikan Anda memasukkan email yang aktif agar dapat menerima pesan dari sistem.
Buat Akun SISTER 2.png

5. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar di bawah ini. Silakan cek Kotak Masuk atau folder Spam pada email yang Anda daftarkan.

6. Pada kotak masuk email, Anda akan diminta untuk mengaktivasi akun Anda dengan klik tombol “Aktivasi Akun Saya”. 

Perlu diketahui, tombol aktivasi hanya berlaku selama 24 jam. Jika sudah lebih dari 24 jam, maka Anda perlu melakukan registrasi ulang.

7. Anda akan diarahkan kembali ke laman registrasi SISTER untuk aktivasi akun. Pada laman ini, ada data yang dapat Anda lengkapi dan data yang otomatis sudah terisi.

Data yang otomatis terisi sudah tidak bisa diubah karena tersinkronisasi dengan PDDikti. Berikut data tersebut:

  • Nama Lengkap
  • NIDN/NITK
  • Perguruan Tinggi
  • Peran
  • Unit Organisasi

Berikut data yang perlu dilengkapi:

  • Email (sesuai dengan email yang Anda daftarkan)
  • Kata sandi
  • Ulangi kata sandi

Jika sudah, klik “Aktivasi Akun”.

8. Jika aktivasi sudah berhasil, muncul pesan “Akun SISTER Anda telah aktif!”. Silakan klik tombol “Masuk ke Akun” untuk melanjutkan login. Pastikan Anda mengingat email dan kata sandi Anda atau catat di tempat yang aman agar tidak mudah terlupa.

 

Informasi Tambahan

Apabila Anda klik registrasi akun melalui SISTER perguruan tinggi Anda (SISTER versi lama sebelum rilis SISTER versi  Cloud), maka Anda akan tetap diarahkan ke laman SISTER (versi Cloud) dengan alur sebagai berikut:

1. Anda dapat klik “Daftar di Sini”.

2. Anda akan mendapatkan kotak pesan yang memberitahu bahwa SISTER kini hadir dengan teknologi baru. Untuk masuk ke SISTER (versi Cloud), klik tombol “Arahkan Saya”.

3. Anda telah masuk ke SISTER (versi Cloud). Silakan lakukan registrasi sesuai alur registrasi yang sudah dijabarkan di atas.

Tanya & Jawab

  • Jika saya sudah memiliki akun SISTER, apakah saya perlu membuat akun baru di SISTER (versi Cloud)?
    Tidak perlu, Anda dapat login menggunakan akun dan kata sandi Anda yang sudah ada.

  • Saya sudah pernah daftar SISTER tapi lupa username dan password. Apakah bisa daftar lagi?
    Mohon untuk mencoba fitur Lupa Password [link] jika lupa password Anda. Jika Anda melupakan username, mohon menghubungi Admin PT Anda untuk melakukan pengecekan username Anda. Untuk panduan jika lupa password, silakan klik di sini.

  • Bagaimana jika data yang otomatis terisi saat aktivasi seperti Nama Lengkap, Perguruan Tinggi, atau Unit Organisasi saya ada yang tidak sesuai?
    Silakan cek data Anda di PDDikti, karena data yang tertera saat registrasi tersinkronisasi dengan PDDikti. Apabila data di PDDikti juga tidak sesuai, silakan hubungi Admin PT Anda.

  • Apabila data saya sedang diperbarui oleh pihak PDDikti, apakah saya bisa registrasi akun SISTER selama proses tersebut masih berjalan atau harus menunggu proses pembaruan data di PDDikti selesai?
    Harap menunggu sampai pembaruan data di PDDikti selesai, lalu registrasi akun SISTER.

  • Jika saya adalah Admin PT yang baru membuat akun SISTER, apakah alur registrasi yang saya lakukan berbeda dengan yang dijelaskan di atas?
    Iya Anda dapat melakukan registrasi sesuai panduan di atas (panduan nomor 1 - 3), kemudian Anda pilih peran "Lainnya". Namun untuk pemberian peran sebagai Admin PT, akan diatur oleh pihak pusat.

Apakah Artikel Ini Membantu ?

1 dari 1 orang menyukai artikel ini

Komentar