Sebelumnya, tiap Perguruan Tinggi (PT) telah diarahkan untuk mengunduh dan melengkapi template Lampiran F dalam format excel dengan data Dosen yang akan diproses Angka Kreditnya.
Jika sudah selesai melengkapi Lampiran F, selanjutnya Operator PAK perlu mengunggah dokumen tersebut ke dalam SISTER (versi Cloud).
Berikut panduannya:
1. Masuk ke laman https://sister.kemdikbud.go.id/beranda. Silakan login dan pastikan peran pada akun saat ini adalah Operator PAK
2. Masuk ke menu “Laporan PAK”, kemudian pilih “Integrasi AK”
3. Silakan unggah data dosen dengan klik tombol “+ Unggah Dokumen”
4. Mohon untuk membaca ketentuan yang tercantum pada laman ini. Jika Anda belum mempunyai template Lampiran F, silakan klik “Unduh Dokumen Contoh” untuk mendapatkan dokumen template sebagai panduan.
5. Apabila telah melengkapi Lampiran F sesuai ketentuan yang tertera, silakan klik tombol “Cari dokumen” untuk mengunggah dokumen Lampiran F dari perangkat Anda. Pastikan format file xls/xlsx.
6. Jika dokumen sudah sesuai, klik “Selanjutnya”
7. Akan muncul notifikasi Halaman Konfirmasi Unggah. Klik tombol “Periksa Kembali” untuk mengecek ulang dokumen.
8. Silakan berikan tanda centang jika dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan. Kemudian klik “Ya, Konfirmasi”.
9. Dokumen telah terkirim, selanjutnya akan dilakukan pengecekan oleh sistem. Silakan melakukan pengecekan secara berkala pada laman ini.
Pengecekan Dokumen
1. Untuk melakukan pengecekan dokumen, Anda dapat melakukan filter berdasarkan status dokumen.
2. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai status dokumen, silakan klik tombol “Selengkapnya” yang ada di kolom Tindakan pada baris dokumen yang akan dicek.
Berikut adalah penjelasan dari status pengecekan dokumen oleh sistem:
-
Berlangsung
Kami perlu memastikan data dalam dokumen sesuai dengan instruksi format & pangkalan data. -
Sesuai Format
Dokumen sudah sesuai dan akan dilanjutkan ke proses pengecekan kesesuaian dengan pangkalan data -
Tidak Sesuai Format
Dokumen tidak sesuai format. Anda bisa mengunduh dokumen contoh dan pastikan dokumen yang diunggah sesuai dengan format yang ditentukan -
Berhasil Diproses
Data dosen sudah sesuai dan siap untuk diproses. Untuk pengecekan silakan klik tombol “Daftar Dosen”. -
Sebagian Gagal Diproses
Sebagian data telah sesuai dan dapat diproses lebih lanjut, namun sebagian data butuh perbaikan. Silakan klik “Unduh Panduan Perbaikan” untuk mengetahui catatan perbaikan. -
Gagal Diproses (ketidaksesuaian data)
Data tidak cocok dengan pangkalan data. Silakan klik “Unduh Panduan Perbaikan” untuk mengetahui catatan perbaikan. Lakukan Perubahan Data Dosen pada SISTER jika diperlukan. -
Gagal Diproses (dari sistem)
Terjadi kendala pada sistem, silakan lakukan unggah ulang.
Khusus Status Sebagian Gagal Diproses dan Gagal Diproses
1. Silakan klik tombol “Unduh Panduan Perbaikan”.
2. Kemudian file akan otomatis masuk ke perangkat Anda dengan format excel. Silakan cek file tersebut untuk melihat data yang gagal dan perlu diperbaiki.
Contoh jika data tidak terisi/kosong
Contoh data sudah terisi namun berkendala.
3. Setelah memperbaiki data, silakan hapus kolom informasi perbaikan pada kolom O. Lalu unggah kembali di SISTER data yang sudah diperbaiki.
Untuk mengetahui penjelasan terkait isi pesan error, silakan simak pada artikel berikut:
Penjelasan Pesan Error Lampiran F