Panduan SISTER
Admin
3 weeks ago
Sebelumnya, tiap Perguruan Tinggi (PT) telah diarahkan untuk mengunduh dan melengkapi template Lampiran F dalam format excel dengan data Dosen yang akan diproses Angka Kreditnya.
Jika sudah selesai melengkapi Lampiran F, selanjutnya Operator PAK perlu mengunggah dokumen tersebut ke dalam SISTER (versi Cloud).
Berikut panduannya:
1. Masuk ke laman https://sister.kemdikbud.go.id/beranda. Silakan login dan pastikan peran pada akun saat ini adalah Operator PAK
2. Masuk ke menu “Laporan PAK”, kemudian pilih “Integrasi AK”
3. Silakan unggah data dosen dengan klik tombol “+ Unggah Dokumen”
4. Mohon untuk membaca ketentuan yang tercantum pada laman ini. Jika Anda belum mempunyai template Lampiran F, silakan klik “Unduh Dokumen Contoh” untuk mendapatkan dokumen template sebagai panduan.
5. Apabila telah melengkapi Lampiran F sesuai ketentuan yang tertera, silakan klik tombol “Cari dokumen” untuk mengunggah dokumen Lampiran F dari perangkat Anda. Pastikan format file xls/xlsx.
6. Jika dokumen sudah sesuai, klik “Selanjutnya”
7. Akan muncul notifikasi Halaman Konfirmasi Unggah. Klik tombol “Periksa Kembali” untuk mengecek ulang dokumen.
8. Silakan berikan tanda centang jika dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan. Kemudian klik “Ya, Konfirmasi”.
9. Dokumen telah terkirim, selanjutnya akan dilakukan pengecekan oleh sistem. Silakan melakukan pengecekan secara berkala pada laman ini.
Pengecekan Dokumen
1. Untuk melakukan pengecekan dokumen, Anda dapat melakukan filter berdasarkan status dokumen.
2. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai status dokumen, silakan klik tombol “Selengkapnya” yang ada di kolom Tindakan pada baris dokumen yang akan dicek.
Berikut adalah penjelasan dari status pengecekan dokumen oleh sistem:
Khusus Status Sebagian Gagal Diproses dan Gagal Diproses
1. Silakan klik tombol “Unduh Panduan Perbaikan”.
2. Kemudian file akan otomatis masuk ke perangkat Anda dengan format excel. Silakan cek file tersebut untuk melihat data yang gagal dan perlu diperbaiki.
Contoh jika data tidak terisi/kosong
Contoh data sudah terisi namun berkendala.
3. Setelah memperbaiki data, silakan hapus kolom informasi perbaikan pada kolom O. Lalu unggah kembali di SISTER data yang sudah diperbaiki.
Untuk mengetahui penjelasan terkait isi pesan error, silakan simak pada artikel berikut:
Penjelasan Pesan Error Lampiran F
Langkah Awal untuk Pengakuan dan AK Integrasi
Cara Login untuk Operator PAK
Cara Admin PT Mengajukan Perubahan Data Jabatan Fungsional dan NIP Dosen
Cara Operator PAK Mengunggah Lampiran F
Penjelasan Pesan Error Lampiran F pada Proses Angka Kredit Integrasi
Proses Perhitungan Angka Kredit Integrasi
Permintaan Tanda Tangan Elektronik
Kendala Gagal Mengirim Data ke BKN
Cara Pengesahan Perhitungan Angka Kredit Integrasi
Petunjuk Lanjutan untuk Akses TTE BSRE
Cara Dosen Melihat Informasi Hasil Angka Kredit Integrasi
Dasbor Pengawasan Integrasi Angka Kredit Dosen
Penarikan Hasil Perhitungan Angka Kredit Integrasi
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Tindak Lanjut Untuk Dosen Yang Terkena Dampak Pembekuan Akun
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Cara Melakukan Perubahan Data Dosen di SISTER (Versi Cloud)
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Apakah Artikel Ini Membantu ?
0 dari 0 orang menyukai artikel ini