Panduan SISTER

Panduan Kendala Terkait Login ke Akun SISTER (Versi Cloud)

Admin

2 months ago


Saat mengakses SISTER (versi Cloud), kendala terkait login dapat terjadi dikarenakan beberapa kondisi tertentu. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak kondisi yang menyebabkan login Anda terkendala serta solusinya di bawah ini.



Belum Memperbarui Versi SISTER dan Sinkronisasi Data

Sebelumnya, Admin Perguruan Tinggi (PT) sudah diarahkan untuk melakukan pembaruan (update) versi SISTER dan melakukan sinkronisasi data sampai 3 Agustus 2023. Hal tersebut wajib dilakukan agar semua data pada SISTER versi sebelumnya dapat tersinkronisasi ke SISTER (versi Cloud).

Penting!

Untuk Admin PT yang belum melakukan sinkronisasi data dan pembaruan data hingga tenggat waktu yang diberikan, maka Admin PT perlu menghubungi Pusat Bantuan.

Jika belum melakukan pembaruan versi SISTER dan belum sinkronisasi data, berikut implikasinya:

  1. Saat masuk laman login di SISTER (versi Cloud), semua pengguna dari satuan pendidikan (Perguruan Tinggi) yang belum melakukan sinkronisasi data atau sinkronisasi berkendala/gagal akan mendapatkan kotak informasi peringatan yang berisi bahwa Anda tidak bisa login karena belum melakukan sinkronisasi/pembaruan versi. 

 

  1. Selanjutnya, Admin PT perlu segera menghubungi Pusat Bantuan melalui link berikut: Form Pusat Bantuan agar dapat dibantu lebih lanjut. Mohon untuk melengkapi form dengan detail terkait nama Perguruan Tinggi, tanggal terakhir sinkronisasi data, kontak PT yang bisa dihubungi, dan menyertai screenshot dari kendala yang Anda alami.

Penting Anda ingat, jika Admin PT belum melakukan sinkronisasi data atau tidak melakukan sinkronisasi data secara berkala, maka semua aktivitas yang Dosen atau Admin PT lakukan (seperti perubahan data atau penambahan data) setelah sinkronisasi terakhir, tidak tersimpan di SISTER (versi Cloud).

 

Dosen Diarahkan ke PT yang Tidak Sesuai

Jika Anda mengakses SISTER Cloud dan mengalami kendala diarahkan ke PT yang salah atau tidak sesuai, mohon klik peran Dosen Kemdikbudristek di Level Pusat, lalu kembali ke peran Dosen di Level Perguruan Tinggi. Kemudian Anda akan melihat peran dosen yang sesuai homebase Anda. Jika masih berkendala, silakan hubungi Pusat Bantuan.

 

Akun Terdaftar di Beberapa PT

Pada SISTER versi Cloud, 1 (satu) akun hanya bisa terdaftar di 1 (satu) PT. Maka itu, jika Anda adalah Dosen yang terdaftar di lebih dari 1 (satu) PT, maka di SISTER (versi Cloud) hanya akan ada 1 (satu) PT yang muncul.

Contoh: Ibu Santi adalah dosen aktif dengan homebase di Institut Teknologi Bandung dan peran Unit BKD Internal PT di Universitas Parahyangan. Ternyata, pada saat login di SISTER (versi Cloud), PT yang muncul di akun Ibu Santi hanya Universitas Parahyangan. Padahal Ibu Santi membutuhkan akses ke homebasenya di Institut Teknologi Bandung.

 

Jika Anda membutuhkan akses ke peran di PT selain homebase Anda, mohon melaporkan ke Pusat Bantuan dengan informasi berikut:

  • Homebase dosen terkait
  • Peran yang dibutuhkan di PT homebase 
  • Peran yang dibutuhkan di PT lain (jika berlaku)

Untuk melihat panduan cara mengubah Homebase, silakan kunjungi artikel berikut:
Cara Mengubah Homebase Dosen di SISTER (versi Cloud)

Apakah Artikel Ini Membantu ?

0 dari 0 orang menyukai artikel ini

Komentar