Panduan SISTER

Kendala Proses Verifikasi NIK yang Mungkin Dihadapi

Admin

2 weeks ago


Headline.png

A. Verifikasi di Luar Jam yang Ditentukan

Verifikasi NIK wajib dilakukan pada jam yang telah ditentukan. Apabila dilakukan di luar jam tersebut, maka akan muncul pesan error seperti gambar di bawah ini.

Solusi:
Ajukan kembali verifikasi NIK pada pukul 06.00 - 20.00 WIB/07.00 - 21.00 WITA/08.00 - 22.00 WIT.

Picture17A.png

 

B. Rincian Data Belum Lengkap

Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini apabila ada rincian data yang belum terisi.

Solusi:
Silakan lengkapi kolom rincian data yang masih kosong tersebut, kemudian klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”.

Picture18B.png

 

C. Terdapat Ketidaksesuaian Data dengan Data di SISTER

Apabila rincian data nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, atau jenis kelamin yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di SISTER, maka verifikasi NIK belum bisa dilanjutkan. 

Namun khusus data nama lengkap, apabila perbedaan nama tidak signifikan (seperti nama belakang yang disingkat), maka proses verifikasi dapat dilanjutkan tanpa harus mengajukan PDD.


Contoh nama yang Tercatat di SISTER: Alula Renita Sari

  • Jika penulisan nama diubah menjadi Alula RS atau Alula Renita S, maka verifikasi dapat dilanjutkan.

  • Jika penulisan nama diubah menjadi Amanda Anggita, maka verifikasi tidak dapat dilanjutkan karena perbedaan yang signifikan.

Solusi:
Cek data Anda di SISTER. Jika ternyata data di SISTER belum tepat, maka Anda perlu mengajukan perubahan data dosen (PDD) pada data yang belum tepat tersebut.

Picture1aad.png


D. Terdapat Ketidaksesuaian Data NIK atau Nama Ibu Kandung

Anda akan menerima pesan eror berikut jika terjadi ketidaksesuaian data NIK atau Nama Ibu Kandung yang Anda masukkan dengan data di Dukcapil

Solusi:
Cek kembali penulisan NIK dan nama ibu kandung Anda, pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Jika merasa sudah memasukkan dengan tepat, silakan koordinasi dengan pihak Dukcapil untuk memeriksa data Anda yang tercatat di Dukcapil.

Picture20D.png


E. Data NIK Tidak Ditemukan

Data NIK yang Anda masukkan tidak ditemukan dan tidak sesuai dengan data di Dukcapil.

Solusi:
Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, jika ada kesalahan penulisan mohon perbaiki dan klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”. Apabila masih berkendala, mohon hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.

Picture22e.png


F. Kendala Sistem

Jika sedang terjadi kendala sistem, maka Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini.

Solusi:
Harap menunggu dan coba lagi setelah beberapa saat. Jika masih berkendala, hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.

Picture23f.png


G. PTK Memiliki Ajuan PDD Profil/Kependudukan yang Aktif

Ketika PTK memiliki ajuan PDD Profil/Kependudukan yang aktif kemudian klik Verifikasi NIK, akan muncul pesan konfirmasi yang menginformasikan jika PTK melanjutkan verifikasi NIK-nya, maka ajuan aktif tersebut akan otomatis berubah statusnya menjadi ditolak.

Kendala-Error5A.jpg

 

Apakah Artikel Ini Membantu ?

1 dari 1 orang menyukai artikel ini

Komentar