Panduan SISTER
Admin
3 weeks ago
Catatan: Semua data yang ditampilkan pada panduan ini bukanlah data asli. Data yang ditampilkan hanya data contoh.
Apabila rincian data nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, atau jenis kelamin yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di SISTER, maka verifikasi NIK belum bisa dilanjutkan.
Namun, khusus data nama lengkap, apabila perbedaan nama tidak signifikan (seperti nama belakang yang disingkat), maka proses verifikasi dapat dilanjutkan tanpa harus mengajukan PDD.
Contoh 1 - Perbedaan Penulisan Nama Nama yang Tercatat di SISTER: Alula Renita Sari
|
Contoh 2 - Perbedaan Nama Karena Adanya Gelar Nama yang tercatat di SISTER: Yulianda Armi, S.T., M.T.
|
Verifikasi NIK wajib dilakukan pada jam yang telah ditentukan. Apabila dilakukan di luar jam tersebut, maka akan muncul pesan eror seperti gambar di bawah ini.
Solusi:
Ajukan kembali verifikasi NIK pada pukul 06.00 - 20.00 WIB/07.00 - 21.00 WITA/08.00 - 22.00 WIT.
Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini apabila ada rincian data yang belum terisi.
Solusi:
Silakan lengkapi kolom rincian data yang masih kosong tersebut, kemudian klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”.
Anda akan menerima pesan eror berikut jika terjadi ketidaksesuaian data NIK atau Nama Ibu Kandung yang Anda masukkan dengan data di Dukcapil
Solusi:
Cek kembali penulisan NIK dan nama ibu kandung Anda, pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Jika merasa sudah memasukkan dengan tepat, silakan koordinasi dengan pihak Dukcapil untuk memeriksa data Anda yang tercatat di Dukcapil.
Data NIK yang Anda masukkan tidak ditemukan dan tidak sesuai dengan data di Dukcapil.
Solusi:
Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, jika ada kesalahan penulisan mohon perbaiki dan klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”. Apabila masih berkendala, mohon hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.
Jika sedang terjadi kendala sistem, maka Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini.
Solusi:
Harap menunggu dan coba lagi setelah beberapa saat. Jika masih berkendala, hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.
Ketika PTK memiliki ajuan PDD Profil/Kependudukan yang aktif kemudian klik Verifikasi NIK, akan muncul pesan konfirmasi yang menginformasikan jika PTK melanjutkan verifikasi NIK-nya, maka ajuan aktif tersebut akan otomatis berubah statusnya menjadi ditolak.
Tindak Lanjut Data Anomali pada Proses Pemadanan Data Dosen
Tindak Lanjut Untuk Dosen Yang Terkena Dampak Pembekuan Akun
Tindak Lanjut Data Anomali pada Proses Pemadanan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Tahapan Pemadanan & Pemutakhiran Data oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
FAQ Proses Pemadanan Data dan Pemutakhiran Data
Tahapan Pemadanan & Pemutakhiran Data oleh Admin Perguruan Tinggi
Kendala Proses Verifikasi NIK yang Mungkin Dihadapi
Regulasi dan Informasi Umum Terkait Pemadanan dan Pemutakhiran Data
Menu Riwayat Pemadanan Data Dosen untuk LLDIKTI dan Pembina PTKL
Surat Edaran Tindak Lanjut Data Anomali pada Proses & Fitur Pemadanan Data
Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Anda
Tindak Lanjut Untuk Dosen Yang Terkena Dampak Pembekuan Akun
Alur Pelaporan Kendala SISTER Melalui Pusat Bantuan
Informasi Umum Beban Kerja Dosen (BKD)
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Admin Perguruan Tinggi dan Operator
Cara Membuat Akun SISTER (Versi Cloud) untuk Dosen/Tendik
Cara Melakukan Perubahan Data Dosen di SISTER (Versi Cloud)
Cara Operator PAK Mengirim Data ke BKN
Apakah Artikel Ini Membantu ?
1 dari 1 orang menyukai artikel ini