Pada SISTER versi Cloud, semua perubahan data Dosen akan terpusat di dalam platform SISTER versi Cloud. Dosen dapat mengajukan perubahan data secara mandiri dan ada data yang harus dibantu ubah oleh Admin PT. Perubahan data tersebut mencakup:

  • Pengajuan penambahan data
  • Pengajuan perubahan data
  • Pengajuan penghapusan data

Berikut daftar data yang dapat diajukan secara mandiri dan harus diubah langsung oleh Admin PT:

 

Dapat Diajukan Mandiri oleh Dosen

Menu Profil
  • Data Pribadi
    • Profil (NIDN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung)
    • Kependudukan (NIK, Agama, Kewarganegaraan)
    • Keluarga (Status Perkawinan, Nama Suami/Istri, NIP Suami/Istri, Pekerjaan Suami/Istri, Terhitung Mulai Tanggal PNS Suami/Istri)
    • Bidang Keilmuan
    • Alamat dan Kontak (Email, Alamat lengkap, Nomor Telepon Rumah, Nomor HP)
    • Kepegawaian (NIP, Nomor SK CPNS, SK CPNS Terhitung Mulai Tanggal, Nomor SK TMMD, Tanggal Mulai Menjadi Dosen, Pangkat/Golongan, Sumber Gaji). Verifikasi NIP dengan Data SIASN dapat melihat artikel Alur Verifikasi NIP di Platform SISTER dan Sinkronisasi Data SIASN Untuk Role Dosen
    • Lain-lain (NPWP dan Nama Wajib Pajak)
  • Jabatan Fungsional
  • Penempatan (Khusus Terhitung Mulai Tanggal, Terhitung Selesai Tanggal, dan SK Pendidik
Kualifikasi

Pendidikan Formal
Detail alur PDD Pendidikan Formal dapat disimak pada artikel berikut: 
Alur PDD untuk Pendidikan Formal Dosen di SISTER

Kompetensi

Sertifikasi

 

Harus Diubah Oleh Admin PT
  • Status Kepegawaian
  • Status Keaktifan (Cuti/Ijin Belajar/Tugas Belajar/Tugas di Instansi Lain)
  • SINTA ID

 

Info Penting:

Sehubungan dengan penutupan PDDikti-Admin, Admin PT dapat mengajukan perubahan status Dosen aktif ke nonaktif ataupun sebaliknya melalui menu Manajemen PTK di Platform SISTER. Ikuti panduannya di artikel Alur Pengajuan Perubahan Status Keaktifan Dosen oleh Admin PT di Manajemen PTK

 

Selanjutnya pengajuan perubahan data tersebut akan divalidasi dengan skema berikut:

 

Mari ikuti cara mengajukan perubahan data baru melalui SISTER versi Cloud untuk Dosen di bawah ini:

 

Khusus Data Diri pada Profil

1. Login ke akun SISTER versi Cloud menggunakan akun Anda melalui https://sister.kemdikbud.go.id/beranda  

2. Pada Beranda, pastikan peran Anda Dosen di level Perguruan Tinggi.

 

3. Kemudian klik menu “Profil” dan pilih “Data Pribadi”.

 

4. Pada menu Data Pribadi, klik tombol “Ajukan Perubahan Data” pada kolom data yang Anda ajukan perubahannya. 

Contoh pada gambar: Tombol Ajukan Perubahan Data pada kolom Alamat dan Kontak.

 

5. Kemudian, Anda akan diarahkan ke Form Ajuan Perubahan Data. Pada form ini, tersedia kolom Data Alamat dan Kontak Lama serta kolom “Data Alamat dan Kontak Baru”. Silakan lengkapi ajuan perubahan data Anda pada bagian “Data Alamat dan Kontak Baru”.

6. Setelah melengkapi data, klik tombol “Simpan”.

 

Perubahan Data selain Menu Data Pribadi

Langkah di bawah ini berlaku di setiap menu yang dapat diajukan perubahan datanya oleh Dosen, kecuali menu Data Pribadi.

1. Login ke akun SISTER versi Cloud menggunakan akun Anda melalui https://sister.kemdikbud.go.id/beranda  

2. Pada Beranda, pastikan peran Anda Dosen di level Perguruan Tinggi.

 

3. Pilih menu sesuai dengan data yang akan Anda ajukan perubahannya.


Contoh Jabatan Fungsional

Contoh Tampilan Penempatan

Contoh data Pendidikan Formal

 

4. Selanjutnya Anda dapat mengajukan data sesuai dengan fitur yang ada berikut ini:

A. Tombol Tambah
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan data baru Anda.
Contoh: 

  • Sebelumnya pendidikan formal Anda S1, kemudian Anda ingin menambahkan pendidikan terakhir Anda yaitu S2.
  • Sebelumnya jabatan Anda Lektor, kini Anda kini sudah menjadi Lektor Kepala. Maka Anda dapat menambahkan jabatan fungsional Anda tersebut.

Mohon diingat, jika ada kenaikan jenjang, penambahan, atau sejenisnya, mohon untuk menambah data (bukan mengajukan perubahan data), agar riwayat data Anda dapat tersimpan di dalam SISTER.

Berikut panduan untuk tombol penambahan data sesuai contoh di atas:

  1. Klik tombol “Tambah”.

2. Lengkapi form penambahan data. Jika sudah, klik “Simpan”.

 

B. Tombol Ajukan Perubahan Data
Tombol ini berfungsi hanya untuk mengajukan perubahan data karena adanya kesalahan data atau ketidaksesuaian data. Anda dapat mengajukan perubahan data sesuai dengan data yang benar.

Contoh:
Pendidikan formal Anda yang benar adalah S1 bidang studi Ilmu Komunikasi, namun yang tertera di platform SISTER adalah S1 bidang studi Agama Kristen dan Teologi. Maka, Anda perlu mengajukan perubahan data.

Berikut panduan untuk tombol Ajukan Perubahan Data sesuai contoh di atas:

1. Klik tombol “Ajukan Perubahan Data”.

2. Muncul form Ajukan Perubahan Data. Silakan lengkapi bagian “Data Riwayat Pendidikan Formal Baru”.

 

C. Tombol Ajuan Hapus
Tombol ini berfungsi untuk mengajukan penghapusan data jika ada data yang sudah tidak berlaku atau tidak relevan.

 

Setelah mengajukan perubahan data, Anda dapat memantau status ajuan tersebut di menu “Riwayat Ajuan Perubahan”. Untuk melihat panduannya, klik di sini.