Pada SISTER versi Cloud, semua perubahan data Dosen akan terpusat di dalam platform SISTER versi Cloud. Dosen dapat mengajukan perubahan data secara mandiri dan ada data yang harus dibantu ubah oleh Admin PT. Perubahan data tersebut mencakup:
- Pengajuan penambahan data
- Pengajuan perubahan data
- Pengajuan penghapusan data
Berikut daftar data yang dapat diajukan secara mandiri dan harus diubah langsung oleh Admin PT:
Dapat Diajukan Mandiri oleh Dosen |
|
Menu Profil |
|
Kualifikasi |
Pendidikan Formal |
Kompetensi |
Sertifikasi |
Harus Diubah Oleh Admin PT |
|
Info Penting:
Sehubungan dengan penutupan PDDikti-Admin, Admin PT dapat mengajukan perubahan status Dosen aktif ke nonaktif ataupun sebaliknya melalui menu Manajemen PTK di Platform SISTER. Ikuti panduannya di artikel Alur Pengajuan Perubahan Status Keaktifan Dosen oleh Admin PT di Manajemen PTK
Selanjutnya pengajuan perubahan data tersebut akan divalidasi dengan skema berikut:
Mari ikuti cara mengajukan perubahan data baru melalui SISTER versi Cloud untuk Dosen di bawah ini:
Khusus Data Diri pada Profil
1. Login ke akun SISTER versi Cloud menggunakan akun Anda melalui https://sister.kemdikbud.go.id/beranda
2. Pada Beranda, pastikan peran Anda Dosen di level Perguruan Tinggi.
3. Kemudian klik menu “Profil” dan pilih “Data Pribadi”.
4. Pada menu Data Pribadi, klik tombol “Ajukan Perubahan Data” pada kolom data yang Anda ajukan perubahannya.
Contoh pada gambar: Tombol Ajukan Perubahan Data pada kolom Alamat dan Kontak.
5. Kemudian, Anda akan diarahkan ke Form Ajuan Perubahan Data. Pada form ini, tersedia kolom Data Alamat dan Kontak Lama serta kolom “Data Alamat dan Kontak Baru”. Silakan lengkapi ajuan perubahan data Anda pada bagian “Data Alamat dan Kontak Baru”.
6. Setelah melengkapi data, klik tombol “Simpan”.
Perubahan Data selain Menu Data Pribadi
Langkah di bawah ini berlaku di setiap menu yang dapat diajukan perubahan datanya oleh Dosen, kecuali menu Data Pribadi.
1. Login ke akun SISTER versi Cloud menggunakan akun Anda melalui https://sister.kemdikbud.go.id/beranda
2. Pada Beranda, pastikan peran Anda Dosen di level Perguruan Tinggi.
3. Pilih menu sesuai dengan data yang akan Anda ajukan perubahannya.
Contoh Jabatan Fungsional
Contoh Tampilan Penempatan
Contoh data Pendidikan Formal
4. Selanjutnya Anda dapat mengajukan data sesuai dengan fitur yang ada berikut ini:
A. Tombol Tambah
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan data baru Anda.
Contoh:
- Sebelumnya pendidikan formal Anda S1, kemudian Anda ingin menambahkan pendidikan terakhir Anda yaitu S2.
- Sebelumnya jabatan Anda Lektor, kini Anda kini sudah menjadi Lektor Kepala. Maka Anda dapat menambahkan jabatan fungsional Anda tersebut.
Mohon diingat, jika ada kenaikan jenjang, penambahan, atau sejenisnya, mohon untuk menambah data (bukan mengajukan perubahan data), agar riwayat data Anda dapat tersimpan di dalam SISTER.
Berikut panduan untuk tombol penambahan data sesuai contoh di atas:
- Klik tombol “Tambah”.
2. Lengkapi form penambahan data. Jika sudah, klik “Simpan”.
B. Tombol Ajukan Perubahan Data
Tombol ini berfungsi hanya untuk mengajukan perubahan data karena adanya kesalahan data atau ketidaksesuaian data. Anda dapat mengajukan perubahan data sesuai dengan data yang benar.
Contoh:
Pendidikan formal Anda yang benar adalah S1 bidang studi Ilmu Komunikasi, namun yang tertera di platform SISTER adalah S1 bidang studi Agama Kristen dan Teologi. Maka, Anda perlu mengajukan perubahan data.
Berikut panduan untuk tombol Ajukan Perubahan Data sesuai contoh di atas:
1. Klik tombol “Ajukan Perubahan Data”.
2. Muncul form Ajukan Perubahan Data. Silakan lengkapi bagian “Data Riwayat Pendidikan Formal Baru”.
C. Tombol Ajuan Hapus
Tombol ini berfungsi untuk mengajukan penghapusan data jika ada data yang sudah tidak berlaku atau tidak relevan.
Setelah mengajukan perubahan data, Anda dapat memantau status ajuan tersebut di menu “Riwayat Ajuan Perubahan”. Untuk melihat panduannya, klik di sini.