Sebelumnya, Tim Validator Pusat melakukan proses verifikasi dan validasi (verval) pada platform PDDIKTI Admin, namun saat ini proses bisnis yaitu pengajuan mutasi homebase eksternal telah berpindah dan terintegrasi ke dalam platform SISTER, khususnya pada menu ‘Perubahan Homebase’. Alur pengajuan dan proses verval pada menu Manajemen PTK, dimulai dari ajuan dari Admin PT kepada Validator masing-masing: 

 

 

  • Validator Pusat bertanggungjawab terhadap ajuan dari PTN
  • Validator LLDIKTI  bertanggungjawab terhadap ajuan dari PTS
  • Validator KL (Pembina) Validator bertanggungjawab terhadap ajuan dari PT KL

 

Catatan:

Pada fase verval apabila diperlukan proses intervensi manual/follow up diluar SISTER, Validator Pusat perlu memastikan proses intervensi manual/follow tersebut ditujukan kepada pihak yang berwenang sesuai dengan jenis Perguruan Tinggi (PT). 

 

Pada tahap ini, setelah Admin PT melakukan pengajuan mutasi homebase eksternal melalui platform SISTER, akan dilanjutkan oleh Tim Validator Pusat untuk melakukan verifikasi dan validasi (verval) atas pengajuan mutasi homebase eksternal sebagai berikut: 

  1. Validator Pusat mengakses laman https://sister.kemdikbud.go.id/. Login menggunakan Username/Email dan Password Anda sebagai Validator PDD.
  1. Pada halaman utama dashboard SISTER, pilih menu “Manajemen PTK” dari menu bar sebelah kiri platform SISTER Anda. Pilih kolom “Perubahan Homebase”, klik “Eksternal”.
  1. Validator Pusat akan diarahkan pada halaman ‘Daftar Ajuan Mutasi Homebase Eksternal’. Tabel ajuan yang berisikan data-data Dosen yang melakukan proses mutasi akan muncul pada kolom “Diajukan”
  1. Pada kolom lainnya yaitu “Disetujui”. Akan memunculkan data ajuan Dosen yang telah disetujui oleh Anda sebagai Validator Pusat, karena ajuan Dosen tersebut telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Validator Pusat dapat klik tombol “Lihat Rincian” untuk melihat kembali rincian data Dosen tertentu. 
  1. Bagi Validator Pusat yang menolak ajuan Dosen tertentu dikarenakan data belum sesuai dan benar, ajuan Dosen tersebut akan berpindah dari tahap “Diajukan” ke tahap “Ditolak”.

    Tabel akan menampilkan ‘Keterangan Penolakan’ berdasarkan hasil verval Validator Pusat, nantinya menjadi sebuah catatan perbaikan kepada Admin PT untuk disesuaikan kembali data & dokumen, atau diinformasikan kepada Dosen terkait. Untuk melihat lebih detail hasil verval, dapat klik tombol “Lihat Rincian” di masing-masing ajuan.

 

[Memulai Verval Ajuan Mutasi]

  1. Kembali pada tahap “Diajukan”, Validator Pusat dapat mencari nama Dosen atau nomor registrasi tertentu pada kolom pencarian “Cari Nama Dosen”. Atau melakukan pencarian secara manual di bagian ‘TIndakan’ di data ajuan Dosen terkait, lalu klik tombol “Periksa”.
  1. Setelah klik “Periksa” pada tabel sebelumnya, Validator Pusat akan diarahkan pada halaman ‘Verifikasi dan Validasi Perpindahan Homebase Eksternal’. 

Berisikan detail isinya: 

  1. Bagian ‘Identitas Dosen Saat Ini’ menampilkan ‘Nama Dosen’, ‘Perguruan Tinggi’, dan ‘Nomor Registrasi’ dari Dosen terkait. Validator Pusat dapat melihat detail data profil Dosen dengan klik “Lihat data dosen selengkapnya
  1. Tombol “Tolak” atau “Setujui” akan dapat di klik apabila semua dokumen telah dibutuhkan telah selesai diperiksa. 
  1. Pada bagian ‘Ajuan Perubahan Data’, Validator dapat melihat sebelum dan sesudah ajuan data Dosen dilakukan. Berisikan informasi: Tipe Dosen & Status Kepegawaian, dan Penugasan PT dari data Dosen yang diajukan Admin PT untuk perpindahan mutasi eksternal. 
  1. Jika Anda scroll ke paling bawah halaman, terdapat kolom ‘Dokumen yang perlu diperiksa’. Pada bagian ini Validator Pusat perlu mengecek setiap dokumen dan melakukan proses “Periksa Dokumen”.
  1. Setelah klik tombol “Periksa Dokumen”, Validator Pusat akan diarahkan pada halaman dokumen terkait. Scroll kebawah untuk melihat dokumen terkait secara seksama. Pastikan juga untuk memeriksa kembali data Dosen yang tercatat pada bagian ‘Data Terkait’. 
  1. Pada bagian pertanyaan ‘Apakah SK Dosen/Instruktur/Tutor sudah sesuai?’, apabila dokumen dan data sesuai, klik “Ya, sudah lengkap & sesuai”. Namun, jika dokumen dan data tidak sesuai, klik “Tidak, belum lengkap & sesuai”.
 
  1. Setelah Validator Pusat melakukan verval pada setiap dokumen yang perlu diperiksa. Validator Pusat akan diarahkan kembali ke halaman ‘Verifikasi dan Validasi Perpindahan Homebase Eksternal’. Apabila semua dokumen yang diperiksa:
    1. Berstatus ’Lengkap dan Sesuai’, Validator klik tombol “Disetujui
    2. Berstatus ’Tidak Sesuai’, Validator klik tombol “Tolak
  1. Setelah Validator menekan tombol “Ditolak” atau “Disetujui”, akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah. Hasil verval ini akan dikirimkan kepada Admin PT sesuai dengan hasil verval masing-masing.

 

  1. Ajuan-ajuan yang telah Validator Pusat verifikasi dan setujui, akan berpindah dari kolom “Diajukan” ke “Disetujui”. 
  1. Sedangkan, ajuan yang telah Validator Pusat verifikasi dan ditolak, akan berpindah dari kolom “Diajukan” ke “Ditolak”. Pada bagian ‘Keterangan Penolakan’ di dalam tabel akan menampilkan catatan perbaikan yang telah dituliskan oleh masing-masing Validator Pusat. 
  1. Klik tombol “Lihat Rincian” untuk melihat hasil verval Dosen lebih detail. 

 

FAQ

Q: Apa yang dapat dilakukan oleh Validator Pusat jika terdapat permintaan ajuan yang bersamaan? contoh: terdapat ajuan untuk validasi perubahan tipe Dosen dan ajuan validasi mutasi homebase eksternal.

A: Tim Validator Pusat akan diarahkan oleh sistem untuk memvalidasi mutasi eksternal terlebih dahulu. Karena jika terdapat ajuan validasi mutasi eksternal, maka ajuan perubahan tipe Dosen menjadi tidak valid.