Berikut adalah kumpulan Soal Sering Ditanya pada sesi Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud) yang dilaksanakan pada 10 Juli 2023.

(Klik pada kalimat pertanyaan untuk membuka jawabannya)

 

Sistem SISTER (versi Cloud)

Di mana SISTER Cloud dapat diunduh?

SISTER (versi Cloud) tidak perlu diunduh dan dapat langsung diakses pada laman https://sister.kemdikbud.go.id/

Sampai saat ini PT kami masih belum bisa login, padahal sudah kirim file JSON melalui email, bagaimana solusinya?

Mohon untuk menginformasikan nama PT. Sebagai informasi untuk proses pengecekan manual sync membutuhkan waktu hingga 2x24 jam.

Jika dosen yang bersangkutan tidak bisa mengakses email yang digunakan di SISTER, bagaimana cara mengganti email sebagai username di SISTER?

Untuk pergantian email mohon untuk bersurat ke PDDikti pada email pddikti@kemdikbud.go.id.

Bagaimana untuk institusi yang baru akan menggunakan SISTER (versi Cloud) atau belum pernah sama sekali menggunakan SISTER, adakah PIC yang bisa dihubungi?

Jika belum pernah, untuk Dosen bisa langsung mendaftar. Untuk pendaftaran akun Admin PT perlu mengirimkan surat kepada Sesditjen DIKTI.

Bagaimana prosedur perpindahan operasional dari SISTER PT ke SISTER Cloud? Kapan SISTER PT "harus" dimatikan?

Seluruh operasional dipindah untuk dilakukan di SISTER Cloud, namun kami mengimbau untuk tidak mematikan SISTER PT sekarang terlebih dahulu dikarenakan data SISTER PT sekarang menjadi acuan utama untuk back-up. Setelah SISTER (versi Cloud) sudah cukup stabil, SISTER PT dapat dinonaktifkan

Apabila terjadi perpindahan homebase, apakah data kinerja dari perguruan tinggi sebelumnya di-cover oleh SISTER baru?

Ya, ter-cover.

Setelah menggunakan SISTER Cloud, ada beberapa dosen yang homebase-nya berubah/pindah, bagaimana solusinya?

Mohon untuk melakukan migrasi akun terlebih dahulu pada laman man-akses oleh Admin PT.

Apakah memang tidak ada opsi sinkron? Karena sekarang hanya ada menu ‘Pilih dosen/tendidik’.

Untuk SISTER (versi Cloud) tidak membutuhkan untuk klik sinkronisasi pada platform karena akan tersinkronisasi secara otomatis.

Kami tidak bisa akses ke SISTER karena belum pernah melakukan sinkronisasi. Kemungkinan admin terdahulu di PT kami yang pernah mencoba menginstal di lokal. Bagaimanakah solusinya?

Perlu melakukan konfirmasi ke Pusat Bantuan bahwa Perguruan Tinggi belum pernah memakai SISTER sebelumnya dan akan berlanjut ke SISTER (versi Cloud) tanpa melakukan sinkronisasi.

 

Perubahan Data Dosen

Apakah untuk perubahan data pendidikan tidak perlu lagi di PDDikti Admin?

Khusus untuk perubahan data dosen, namun untuk registrasi serta penonaktifan dosen masih di PDDIKTI Admin.

Apakah data yang ada di SISTER dapat dilihat orang lain seperti data PDDIKTI?

Untuk data-data seperti Serdos, BKD dan PDD Dosen dapat dilihat oleh Admin PT terkait.

Apakah perubahan status dosen dari aktif ke Tubel juga dari PDD SISTER Dosen? Dan Apakah masih mengubah setting BKD dosen tersebut secara manual?

Perubahan data dosen dari aktif ke Tugas Belajar dapat dilakukan di SISTER yang perlu diajukan dari akun Admin PT. BKD untuk dosen Tugas Belajar masih dapat diubah di setting BKD Dosen tersebut.

Bagaimana jika ada ajuan PDD kami tentang Data Pokok Dosen dan Perpindahan homebase di PDDIKTI sampai saat ini belum disetujui?

Apabila pengajuan homebase di PDDikti belum disetujui. Mohon untuk menghubungi pihak PDDikti melalui call center 126 untuk melakukan follow up.

Kami ada dosen yang berasal dari PLP. Untuk menu SISTER masih berupa tenaga kependidikan bukan menu dosen. Untuk PDDIKTI sudah kami ajukan, dan sudah disetujui. Untuk kasus seperti ini, bagaimana solusinya?

Mohon untuk melaporkannya ke Pusat Bantuan dengan melampirkan screen record berbentuk video rekam layar agar dapat dibantu lebih lanjut.

Update jabatan fungsional GB belum juga divalidasi oleh Dikti padahal sudah lama diajukan sehingga dosen tersebut dianggap pensiun. Bagaimana solusinya?

Mohon untuk menghubungi Pusat Bantuan. Apabila pengajuan sudah melebihi 14 hari, maka akan dibantu dieskalasi ke tim terkait.

Untuk data dosen yang hilang, apakah diajukan/ditambahkan ulang di SISTER atau melalui Pusat Bantuan?

Silakan untuk mengajukan kembali melalui SISTER (versi Cloud).

 

Beban Kerja Dosen

Kenapa opsi layanan BKD kami tidak ada ya?

Mohon pastikan sudah memilih peran pada level Perguruan Tinggi dan bukan pada level Pusat.

Bagaimana cara mendapatkan akun Admin BKD?

Silakan menghubungi Admin PT terkait untuk menambahkan peran tersebut pada laman man-akses.

Pada SISTER Cloud untuk akun Admin BKD, belum muncul menu penugasan asesor dan mencari asesor & asesor internal. Apakah ada perbedaan menu dengan SISTER yang lama?

Benar, untuk SISTER (versi Cloud) akan ada beberapa perubahan terutama pada menu penugasan Asesor.

Bagaimana cara untuk menambahkan rumpun ilmu dan nama-nama jurnal untuk menambahkan pengelola jurnal?

Untuk jurnal yang tidak muncul di Media Publikasi karena jurnal tersebut harus diimport terlebih dahulu oleh Admin PT.

 

Akun dan Login

Jika SISTER PT sudah dinonaktifkan, apakah username dan password bisa digunakan juga di SISTER (versi Cloud)?

Untuk login SISTER (versi Cloud) dapat menggunakan username dan password yang sama seperti login dahulu di SISTER PT.

Apakah Dosen bisa mengganti email secara mandiri?

Dosen bisa mengganti email dengan melakukan perubahan username di menu pengaturan.

 

Lainnya

Apakah akses pada ‘Layanan Serdos’ masih tertutup?

Untuk Layanan Serdos seharusnya tetap dibuka dan Anda bisa membuka status ketersediaan Serdos Anda.