PENTING!

Mulai 18 Agustus 2023, diimbau untuk melakukan sinkronisasi manual (manual sync) pada Selasa dan Jumat pukul 10.00 - 15.00 WIB.

 

Untuk beberapa perguruan tinggi (PT), proses transisi ke SISTER (versi Cloud) dibutuhkan untuk melakukan manual sync oleh pihak-pihak PT. Manual sync atau sinkronisasi manual adalah proses sinkronisasi akhir yang perlu dilakukan untuk memastikan data pada SISTER PT dapat tersinkronisasi ke dalam server SISTER (versi Cloud). Manual sync harus dilakukan oleh Admin PT yang platform SISTER-nya:

  1. Telah teridentifikasi harus melakukan manual sync berdasarkan data yang disiapkan tim pusat,
  2. Ketika masa maintenance mode, telah dicoba proses sinkronisasi otomatis oleh tim pusat namun tidak berhasil, atau
  3. Setelah masa maintenance, proses transisi ke SISTER (versi Cloud) masih terkendala, misal tidak bisa login ke SISTER.

Untuk dapat melakukan proses manual sync, harap untuk mengikuti langkah-langkah berikut.

 

1. Menghubungi Pusat Bantuan untuk mendapatkan akses username dan password yang akan digunakan untuk manual sync dengan kunjungi laman https://layanandosen.zendesk.com/hc/en-gb/requests/new.

 

2. Isi formulir dengan memilih:

  • Peran: Admin PT
  • Kategori: Platform
  • Subkategori: Permintaan Manual Sync

Kemudian klik tombol ‘Kirim’.

3. Informasi username dan password akan dikirimkan melalui email oleh tim Pusat Bantuan. Harap cek folder inbox atau spam/junk secara berkala.

 

4. Jika sudah mendapatkan username dan password, harap akses SISTER PT Anda dengan mengetik alamat web SISTER PT Anda kemudian tambahkan /autosync. Contoh format:

  • https://sister.ui.ac.id/autosync atau https://sister.NAMA PT.ac.id/autosync atau
  • https:/192.xx.xx.x/autosync atau https://ALAMAT IP/autosync

 

5. Isi username dan password sesuai dengan yang sudah diberikan oleh tim Pusat Bantuan, kemudian klik tombol ‘Sign In’. Proses masuk akan memakan waktu, harap untuk tidak menutup jendela browser, memuat ulang (refresh) laman, mematikan perangkat, atau terputus dari koneksi internet.

 

6. Jika proses masuk berhasil, secara otomatis tampilan JSON akan ada pada layar. Simpan kode JSON ini dengan menekan tombol CTRL + S pada keyboard Anda.


7. Kirimkan file JSON yang sudah disimpan ke tim Pusat Bantuan melalui formulir  https://layanandosen.zendesk.com/hc/en-gb/requests/new agar tim terkait dapat memproses manual sync lebih lanjut.